Kolaborasi IPPNU, Kedubes Amerika dan BSI Hadirkan RVM di Mesjid Istiqlal

SUARATERKINI, Jakarta – Konsep Acara Perdana berbasis Event Waste Management berhasil diinisiasi melalui Reverse Vending Machine (RVM) Bank Syariah Indonesia x Plasticpay berkolaborasi dengan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat pada Kamis, 6 April 2023 di Ruangan Kelas PKUMI, Masjid Istiqlal Jakarta.

Konsep acara yang diangkat mengusung tema Building Critical Awareness of Climate Change, bagian dari komitmen Ketua Umum PP IPPNU, Whasfi Velasufah dalam mengedukasi dan meningkatkan awarenes Para Pelajar dan Santri dalam melestarikan lingkungan serta mendukung SDGs. Panitia Pelaksana Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang dimoderatori oleh Sururoh Uthman selaku Kabid Hubungan Internasional, PP IPNU. Pada kesempatan acara kali ini juga mengundang Plasticpay sebagai Narasumber yang diwakili oleh Corporate Communication, Imam Pesuwaryantoro, USA Embassy yang dihadiri oleh Sevim Kalyoncu selaku Executive Director, USA Embassy, Director Voice of Istiqlal yang dihadiri oleh Prof. Dr. Rosita Tandos dan Dewan Koordinasi Nasional Korps Pelajar Putri yang dihadiri oleh Komandan Desy Panca.

BACA JUGA:  Uu Ruzhanul Lepas Tim Penyemprotan Eco Enzyme ke Udara

Beberapa poin yang dipaparkan oleh Narasumber baik dari Plasticpay dan Kedutaan Besar Amerika Serikat meliputi Advokasi kebijakan yang sudah dilakukan dalam isu pengendalian perubahan iklim kepada pemerintah, Gerakan Sosial berbasis masyarakat yang bisa dilakukan dalam mengurangi faktor pemicu perubahan iklim serta Bagaimana Tatacara dan Mekanisme penukaran sampah botol plastik melalui Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay yang ada di Masjid Istiqlal.

Pada kesempatan acara kali ini tentu juga mengusung Konsep Acara dimana melibatkan seluruh peserta yang hadir dengan membawa sampah botol plastik untuk ditukarkan menjadi Tiket Masuk pada serangkaian acara Student’s Talk melalui Reverse Vending Machine (RVM) Bank Syariah Indonesia x Plasticpay. Tidak hanya itu, Peserta yang berhasil menukarkan sampah botol plastik melalui RVM nantinya juga akan mendapatkan Social Impact berupa Jumlah Botol yang terkumpul, Jejak Karbon yang terkurangi, Lahan yang terselamatkan hingga hasil botol plastik yang berhasil dikumpulkan nantinya akan didaur ulang menjadi produk upcycle.

Plasticpay mengajak seluruh stakeholder seperti Akademisi, Pemerintah, Komunitas / Masyarakat, Media dan Perusahaan untuk bertanggung jawab secara langsung melalui pemilahan sampah botol plastik di hulu dimana sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) no.12 (Responsible Consumption and Production) and Sustainable Development Goals (SDGs) no.17 (Partnership for the Goals). (Rep/Her)