SUARATERKINI, Jakarta – Salah satu perusahaan ISP di Indonesia merekomendasikan perangkat Deco M5 keluaran TP-Link yang dilengkapi sistem parental control. Perangkat tersebut diketahui “ampuh” membentengi anak-anak dari bahaya kejahatan internet yang sudah merajalela.

Managing Director Gastra Networks, Indra Tjahjono, mengatakan Deco M5 merupakan salah satu device yang mudah digunakan. Dengan dilengkapi fitur parental control, setting up nya hanya membutuhkan waktu 30-60 menit. Bahkan bagi pengguna yang tak terlalu mahir teknologi, device ini cukup mudah dipahami.

“Dengan Deco M5 para orang tua dapat mengatur limit penggunaan internet setiap saat. Selain itu kita juga dapat melihat histori situs-situs yang telah dibuka oleh anak-anak dan anggota keluarga d irumah. Tentunya ini sangat signifikan sekali, contohnya pada fitur daily limit. Ada instan pause, ketika dimatikan otomatis .semua aktivitas internet akan terhenti,” tambah Indra.

Isu “kecanduan gadget” yang dialami anak-anak bukan hanya masalah bagi suatu keluarga, tapi isudah menjadi persoalan bersama karena anak-anak belum mampu mengontrol diri sepenuhnya.

“Untuk itu perlu aturan tegas, berupa family rules yang harus dipatuhi semua anggota keluarga. Contohnya, kalau orang tua melarang anak main HP, si ayah atau ibu sendiri ya jangan main HP. Gantilah kegiatan main HP anak tersebut dengan aktivitas yang lebih bermanfaat,” kata Indra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here