Kenalkan Tata Cara Ibadah Haji Sejak Dini, KKG PAI Gelar Diklat Manasik Haji 2023

SUARATERKINI, Jakarta – Mengenalkan ibadah haji kepada anak-anak sekolah dasar dimulai sejak dini agar mereka mengetahui makna dari rukun Islam yang ke-5. Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) binaan Angkasa mengadakan kegiatan Manasik Haji, Kegiatan di laksanakan di Asrama Haji Pd. Gede, Jakarta Timur, Selasa 14 Syaban 1444 H bertepatan tanggal 7 Maret 2023.

Susaeri selaku Ketua K3S binaan Angkasa dalam sambutan nya mengatakan, “Tujuan dilaksanakan kegiatan manasik haji ini ialah mengenalkan
terhadap nilai-nilai Islam dan aplikasinya. Diharapkan anak anak tidak hanya hafal urutan rukun Islam tetapi juga mengerti dan tahu bagaimana penerapannya.”

Lebih lanjut Kyai DR Sueadi, MA selaku pengawas PAI Kecamatan Makasar dalam sambutan nya mengatakan, “Kegiatan ini sangatlah bagus, apalagi di adakan oleh sekolah Angkasa yang notabene sekolah swasta yang bukan sekolah islam. Kegiatan ini melatih kesabaran serta mengetahui kisah kisah yang dibawakan oleh para guru PAI binaan Angkasa.

Dengan mengucapkan Basmallah kegiatan ini saya buka secara resmi, ucap Kyai Suaedi.

BACA JUGA:  Biasakan Cuci Tangan Sejak Dini, Lifebuoy Gelar Coaching Clinic Sepak Bola

Yayah Sakiyah selaku pengawas Kecamatan Makasar menyampaikan pesan kepada anak anak, untuk ikuti kegiatan ini dengan riang, karena kegiatan ini sangat bermanfaat, ikuti apa yang di berikan oleh para guru kalian nanti saat manasik haji diantara nya di ajarkan doa-doa saat menunaikan ibadah haji, serta mengenal lafadz Talbiyah.

Ust Juwahir selaku Ketua KKG PAI Kecamatan Makasar membacakan doa dalam kegiatan prosesi sambutan.

Ust Saifullah selaku Ketua KKG PAI binaan Angkasa mengatakan, “Alhamdulillah setelah 2 tahun karena pandemi tidak melaksanakan kegiatan manasik haji, tahun ini bisa di lakukan dan dari Yayasan Ardhya Garini mendukung kegiatan kami.

Seluruh siswa/i SD se Angkasa mengikuti praktek manasik haji dengan riang gembira.

Dalam pelaksanaan nya panitia berusaha semaksimal mungkin dalam mengemas manasik haji ini sesuai dengan tuntunan Kememag. Dimulai dari tahapan Persiapan Pemberangkatan Haji, Wukuf di Padang Arafah, Mabit di Muzdalifah, Jumrah Aqobah, Mabit di Mina, Tahallul, Thawaf Ifadah, dan Thawaf Wada. Kemudian juga diajak untuk simulasi meminum zamzam dengan disediakan air agar si kecil dapat minum dan tidak kelelahan.

BACA JUGA:  CCEP Turut Berpartisipasi dalam Program Vaksinasi Gotong Royong

Terakhir anak anak melakukan sholat Idul Adha di masjid Asrama haji dengan imam Ust Ulil Arfa.

Kegiatan manasik haji ini di hadiri para Kepala Sekolah SD se Angkasa, Wali kelas 5 serta para Guru PAI binaan Angkasa.