SUARATERKINI, Jakarta – Mencermati fenomena selama 30 tahun terakhir sebagai Flashback untuk mendapatkan pencerahan (Flashlight) tentang studi dan praktik Public Relations, Corporate Communications/Corcom, Komunikasi Pemasaran (Marketing Communications/Marcom), juga (Marketing Public Relations) yang bersinggungan dengan Jurnalistik.

Ternyata, ada empat kata yaitu Koordinasi, Integrasi, Sinergi, dan Kolaborasi yang menjadi tema perbincangan, selain penyelarasan (alignment), serta Orkestrasi dan Harmonisasi.

Salah satu sinergi dan kolaborasi antara PR/Corcom, Marcom, dan Jurnalistik adalah penyelarasan publisitas Corporate Brand dan Product Brand dalam kemasan Storytelling.
Konsep IMC (Integrated Marketing Communications) dan DIMC (Digital Marketing Communications) juga menyelaraskan Visi Perusahaan dengan citra yang hendak dibangun perusahaan dan produknya: Corporate & Product Brand Alignment yang terintegrasi di antara PR/Corcom dan Marcom menjadi strategi dan program PR, Corcom dan Marcom dengan kemasan pesan kreatif melalui beragam media.

Untuk mengungkap beberapa perkembangan penting tentang Kolaborasi tiga profesi komunikasi tersebut, yakni Public Relations atau Corporate Communications dengan Marketing Communications, dan Jurnalistik dalam menyiasati gaya hidup kenormalan baru, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (Prodi MIK) Sekolah Pascasarjana (SPS) Universitas Sahid Jakarta bersama Perhimpunan Humas Indonesia (PERHUMAS) menggelar webinar pada 18 Juni 2020, jam 16.00-18.00 WIB dengan mengusung topik “Kolaborasi Corporate Communications, Marketing Communications, dan Jurnalistik Menyiasati New Normal Lifestyle” di tengah pandemi covid 19 yang belum berakhir.

Webinar akan dilaksanakan secara daring menggunakan Zoom Cloud untuk 1000 peserta dan Youtube Live Streaming untuk peserta lainnya. Saat ini sudah terdaftar lebih dari 800 peserta yang terdiri dari Akademisi, Mahasiswa, Pelaku Usaha, Pemerintah Daerah dan Masyarakat Pemerhati Komunikasi.

Keynote Speakers adalah Agung Laksamana, M.Sc., MCIPR, Hon, FAPR, Ketua Umum PERHUMAS dan Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, M.Si. Direktur Sekolah Pascasarjana Usahid dan Dewan Pakar PERHUMAS.

Webinar ini menampilkan tiga pembicara. Dua pembicara dari dunia usaha, yakni Boy Kelana Soebroto, IAPR (Wakil Ketua Umum III PERHUMAS & Head of Corporate Communications Astra International) dan Arninta Puspitasari (PR, Event & Sustainability Development Manager Nutrifood). Satu pembicara mewakili jurnalis atau media adalah Arif Zulkifli (Kepala Pemberitaan TEMPO Media & Anggota Dewan Pers).

Moderator webinar adalah Dr. Hifni Alifahmi, IAPR yang juga Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Usahid. Host oleh Dr. Rahtika Diana, M.Si, Sekprodi Doktor Ilmu Komunikasi (DIK) Usahid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here