SUARATERKINI, Tanjungpandan – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan pihaknya mendorong agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Belitung dapat dipercepat.

“Belitung ini terlambat dibanding kab/kota lainnya di Babel dalam memulai vaksinasi jadi harus ada strategi khusus untuk mempercepat vaksinasi Covid-19,” katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanjung Pandan, Sabtu (13/3).

Ia mengatakan, keterlambatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Belitung jangan sampai mengganggu vaksinasi Covid-19 bagi kab/kota lainnya di Babel, karena data penyuntikan vaksin sangat berpengaruh terhadap pengadaan atau pengiriman vaksin.

Vaksin Covid-19 akan kembali dikirimkan berdasarkan data input pelaksanaan dan data input stok vaksin yang disampaikan secara daring.

Pihaknya berharap, Dinas Kesehatan Belitung dapat mempercepat penyuntikan vaksin Covid-19 dari 300 orang dalam sehari menjadi 500 orang dalam sehari.

“Maksimalkan saja kalau bisa 500 orang sehari, kenapa hanya 300,” tegas Gubernur.

Selain itu, karena Belitung daerah wisata, ia menambahkan, DInas Kesehatan juga harus mendahulukan frontliner (petugas pelayanan) dalam bidang wisata.

“Disamping itu, juga harus mendahulukan lansia dan tokoh masyarakat/tokoh agama, karena menjelang bulan Ramadhan, dimana peran mereka sentral pada bulan tersebut,” katanya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here