SUARATERKINI, Tanjungpandan – Kabupaten Belitung akan menggelar tiga event berskala internasional pada tahun 2022.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Bakri Hauriansyah mengatakan, salah satunya yang terdekat berlangsung pada Bulan Februari 2022.

“Yang pertama di bulan Februari ini tanggal 16, yaitu Cross Business Forum atau forum pembicaraan usaha atau upaya pengembangan pariwisata berbasis kapal pesiar,” ujar Bakrie, Jumat (21/1).

Event ini menurut Bakrie akan menjadi event yang dikerjasamaka oleh tiga negara, yaitu Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Selanjutnya, pada Maret mendatang akan ada event Kongres Halal Dunia. Untuk rapatnya akan berlangsung di Hotel Novotel di Pangkalpinang. Sedangkan kunjungan wisata baru ke Belitung.

“Jadi mereka akan datang ke Belitung untuk berwisata. Setidaknya minimal dua 2 malam. Eent itu akan dihadiri sekitar 52 negara,” lanjutnya.

Dan untuk yang ketiga yaitu Pertemuan Menteri Negara-Negara G20 atau Government 20, yang akan berlangsung pada tanggal 7-9 September 2022.

“Pertemuan G20 ini merupakan pertemuan 20 negara yang mewakili 60% penduduk dunia. Jadi kalau bicara ekonomi, mereka ini mewakili 60% penduduk dunia,” tandasnya.

Selain dari 3 event besar dunia itu, akan ada event lain yang bersifat tentatif, seperti Belitung Beach Festival yang akan berlangsung pada September mendatang.

“Sebelum Beach Festival itu, kita juga akan melaksanakan Belitung Creative Week. Ini akan kita tentatifkan di Bulan Juli atau Agustus. Jadi bertepatan dengan hari jadi Kota Tanjungpandan atau dengan hari kemerdekaan kita,” katanya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here