Asikkk! Masyarakat Depok yang Tukar Plastik melalui RVM Plasticpay dapat Saldo di Bank Syariah Indonesia

Dikutip dari National Plastic Action Partnership (NPAP, 2020), Indonesia masuk urutan kedua penyumbang sampah plastic terbesar di dunia dengan 6.8 juta metrik ton per tahun. Tidak hanya itu, Data terbaru bahwa masyarakat kota depok dan sekitarnya membuang hasil sampahnya di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipayung Kota Depok mencapai 900 ton/hari. Sampah tersebut didominasi oleh sampah residu dan sampah plastik salah satunya (Tempo, Maret 2023).

Kabar baiknya, masyarakat Kota Depok dan sekitarnya bisa melakukan partisipasi public melalui pemilahan sampah botol plastik di Reverse Vending Machine (RVM) Bank Syariah Indonesia x Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia x Plasticpay secara langsung lho. Tiap sampah botol plastic yang berhasil ditukarkan melalui Reverse Vending Machine, nantinya juga bisa ditukarkan menjadi saldo Rekening Bank Syariah Indonesia. Tidak hanya itu, Sampah botol plastic yang sudah berhasil ditukarkan melalui RVM, Seluruh Pengguna Plastic Hero juga bisa mengetahui Meaningfull Reward berupa Jejak Karbon yang terkurangi, Lahan Terselamatkan hingga Jumlah Botol Plastik yang berhasil dikumpulkan.

BACA JUGA:  UMN Berkolaborasi dengan Plasticpay inisiasi Grand Launching RVM BSI dan Dropbox Chatime

Peresmian Grand Launching Reverse Vending Machine (RVM) Kolaborasi Bersama Bank Syariah Indonesia x Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia x Plasticpay akan dilakukan pada Senin, 6 Maret 2023 yang berlokasi di Gedung A, Jl. Akses Vokasi UI, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Disisi lain, waktu operasional penukaran sampah botol plastic di area Kampus Vokasi UI.

Dampak sosial yang telah dilakukan oleh Plasticpay dari tahun 2020 hingga tahun 2022, setidaknya ada lebih dari 40.000 masyarakat telah berpartisipasi pada pemilahan sampah botol plastic atau ekuivalen dengan 77,2 ton sampah botol plastik berhasil terpilah dan didaur ulang
menjadi produk Upcycle serta terdapat 62.380+ jumlah transaksi yang dilakukan oleh Plastic Hero Plasticpay hingga saat ini.

Tentu, dampak sosial yang telah dilakukan oleh Plasticpay menjadi nilai tambah dan sejalan terhadap momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2023 lalu. Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 menjadi ajang bagi Plasticpay untuk bisa berkolaborasi dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada serangkaian kerjasama pembuatan Upcycle product dari bahan baku sampah botol plastik yang telah terpilah dan terdaur ulang. Plasticpay juga ingin mengajak seluruh masyarakat luas Indonesia untuk sama-sama berkolaborasi dan berpartisipasi aktif sebagai Plastic Hero Ecosystem guna mendukung SDGs no. 12 (Responsible Consumption and Production) & 17 (Partnership for The Goals). (Rep/Her)