SUARATERKINI, Jakarta – Digitalisasi semakin menjadi kebutuhan pokok di semua sektor industri. Merespon perkembangan yang ada tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat layanan digital kepada kalangan korporasi.

Salah satu Langkah strategis yang kemudian ditempuh adalah dengan mengambilalih saham PT Hipernet Indodata, yang merupakan perusahaan penyedia layanan managed service telekomunikasi dan teknologi informasi.

Pengambilalihan saham dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat antara Perusahaan dengan Bridgefield Prime Investments Pte. Ltd., Ameisys Global Technologies Pte. Ltd., PT Mitra Indo Asia, dan PT Magna Karya Archipelago selaku pemegang saham PT Hipernet Indodata, yang telah dilakukan pada hari Selasa (22/3) lalu.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, “Era digitalisasi di semua sektor industri menjadi peluang bagi XL Axiata untuk terus mengembangkan bisnis di layanan korporat. Kami punya keahlian dan sumber daya di ranah ini. Namun kami perlu memperkuat diri mengingat kompetisi di bisnis ini juga cukup ketat.

Pengambilalihan saham PT Hipernet Indodata merupakan keputusan strategis untuk memperkuat lini bisnis layanan korporat ini, mengingat keahlian dan pengalaman yang dimiliki oleh PT Hipernet Indodata.”

Hipernet Indodata adalah managed service provider di bidang informasi dan teknologi yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Layanan yang disediakan mencakup penyediaan serta pengelolaan sumber daya informasi dan teknologi, baik berupa perangkat lunak dan perangkat keras, beserta sumber daya manusia yang dibutuhkan, termasuk juga mengelola sumberdaya yang sudah dimiliki pelanggan.

Layanan teknologi dan informasi yang ditawarkan mencakup mengelolaan internet, WiFi, cloud, layanan teknologi informasi profesional, dan layanan aplikasi bisnis lainnya. Selama ini, Hipernet telah melayani pelanggan dengan kebutuhan korporasi di berbagai bidang, antara lain perhotelan, pariwisata, kesehatan, keuangan, hingga ritel.

Pengambilalihan saham ini bertujuan meningkatkan daya saing perusahaan agar dapat menawarkan produk dan solusi layanan telekomunikasi ke pasar korporasi/enterprise.

Segmen korporasi yang saat ini di layani oleh XL Axiata Business Solutions merupakan salah satu fokus XL Axiata saat ini karena memberikan kontribusi yang cukup signifikan untuk mendukung pertumbuhan kinerja perusahaan sejalan dengan semakin berkembang dan meningkatnya kebutuhan industri korporasi terhadap ketersediaan layanan ICT yang terintegrasi seiring dengan visi XL Axiata yang mengedepankan layanan konvergensi guna mendukung kegiatan operasional perusahaan-perusahaan/korporasi tersebut.

Secara bisnis, bergabungnya PT Hipernet Indodata akan memperkuat posisi XL Axiata sebagai penyedia layanan digital untuk pasar korporat.

XL Axiata telah menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat, XL Axiata memiliki sekitar 51% saham Hipernet Indodata atau 2.805 lembar saham dengan nilai transaksi sekitar Rp 321,3 miliar. Setelah XL Axiata melakukan pembelian saham, pihak lain yang menjadi juga pemegang saham PT Hipernet Indodata, antara lain PT Mitra Indo Asia dan PT Magna Karya Archipelago.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here