SUARATERKINI, Jakarta,- Seperti yang kita ketahui bulan suci ramadhan sebentar lagi akan tiba dan tentunya di bulan ramadhan akan disertai juga masa di mana umat muslim akan melakukan ibadah puasa. Supaya puasa di tahun ini maksimal yuk simak dan ikutin tips-tips berikut :

Sebagaimana di kutip dikutip dari Zepp Health Amazfit, Wajib untuk melaksanakan sahur dan berbuka dengan kadar gizi yang cukup. Pada saat berpuasa nanti temen-temen healty enthusiast sebaiknya jangan sampai melewatkan waktunya sahur ya, hal ini dikarenakan agar tidak terjadi defisit energi yang drastis pada pagi hari yang nantinya dapat menggangu aktifitas kamu selama seharian seperti lemas dan mengantuk. Karena fungsi sahur sama seperti fungsi sarapan di hari-hari yang lain ya gaes. Terus selanjutnya hindari juga aksi “balas dendam” pada saat tiba waktunya berbuka puasa.

Hal ini tidak disarankan dikarenakan lambung tidak sanggup dan kaget untuk memproses makanan-makanan yang banyak di waktu yang bersamaan secara tiba-tiba. Nantinya lambung akan menjadi cepat lelah dan menggangu kesehatan lambung dalam jangka waktu panjang. Selain perut begah sebagai efek jangka pendeknya, untuk efek jangka panjang yang ditakutkan adalah akan muncul efek-efek gangguan pencernaan lainnya. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air harian agar tubuh tetap terhidrasi secara baik.

Kedua, Menjaga pola tidur, Pada minggu-minggu awal berpuasa biasanya akan terjadi penyesuaian pola tidur, dan ada baiknya teman-teman healthy enthusiast untuk dapat segera menyesuaikan hal tersebut. Idealnya waktu tidur yang baik adalah 6-8 Jam per hari. Setidaknya dengan istirahat yang cukup, teman-teman healthy enthusiast akan mampu mengurangi produksi leptin sekitar 15,5% sehingga dapat mengurangi bertambahnya nafsu makan yang berakibat obesitas dan batal puasa ya gaes.

Ketiga, Pada saat puasa tentunya olahraga yang tidak terlalu berat karena memforsir tenaga saat berpuasa dapat berefek buruk juga untuk kesehatan. Beberapa contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan seperti push up, yoga, membersihkan rumah dll. Ingat pointnya adalah untuk membuat tubuh tetap bergerak dalam kurun waktu yang konsisten selama seharian berpuasa. Setidaknya kita harus bergerak selama 1 menit ketika kita sudah menghabiskan waktu bekerja sambil duduk selama 30 menit.

Salah satu tools yang direkomendasikan adalah smartwatch BIP U yang bisa didapat dengan harga 500 ribuan aja dan cocok bagi pemula. Selain sehat, Amazfit Bip U memiliki dua sensor penting di bagian belakang seperti BioTracker 2 PPG dan OxygenBeats untuk pengukuran detak jantung dan oksigen dalam darah. Lalu ada fitur SomnusCare untuk mencatat waktu tidur. Pengguna dapat memonitor berapa lama tidur nyenyak, tidur ringan, tidur REM, hingga tidur siang. Data ini juga bisa dipantau per hari atau minggu, asalkan jam tangan turut dikenakan saat tidur. Smartwact Amazfit Bip U juga bisa langsung dikoneksikan melalui apps di android ataupun iphone sehingga data nya akan tersimpan dan dapat dipantau di handphone teman-teman healthy enthusiast. [Rep]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here