SUARATERKINI, – Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan Pengabdian Masyarakat untuk memberikan literasi tentang hubungan yang sehat agar tidak terjebak dalam hubungan toxic. Digawangi Wakil Dekan Psikologi Universitas Mercu Buana, Yenny, M.Psi, Psikolog, pengabdian masyarakat ini menyasar mahasiswa universitas Mercu Buana dan Mahasiswa dari Universitas Medan Area Medan.

Kegiatan dilakukan melalui online dalam format webinar dengan tema “Literasi tentang hubungan asmara yang sehat, untuk menghindari bucin dan “toxic relationship”. Pada 18 Maret 2022 lalu.

Dalam Kesempatan tersebut, Yenny, M.Psi, Psikolog dengan spesialisasi dibidang klinis ini menjelaskan, umumnya hubungan toxic terjadi karena remaja terlibat dalam cinta buta. Ketidakmampuan melihat keburukan pasangan membuat mereka terjebak dalam kondisi yang membuat terus menerus tergantung baik secara fisik maupun mental.

Senada dengan Yenny, Pembicara lain yang juga dosen Mercu Buana, Dr. Sri Wahyuning Astuti, S.Psi, M.Ikom juga menyebut bahwa umumnya remaja yang terlibat dalam “toxic relationship” karena berada dalam “learning of helplessness”. Ketidakberdayaan yang dipelajari ini membuat Kekerasan yang dialami baik fisik maupun mental selalu dimaklumi dan berakhir damai.

Di akhir acara, Kedua pembicara memberikan kesimpulan yang senada bahwa hubungan asmara yang sehat hanya bisa dilakukan jika remaja juga memiliki “self seteem” yang tinggi. Selain itu, agar tidak terlalu fokus dengan “pacar”, maka banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh remaja. (Rep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here