SUARATERKINI, Tanjungpandan – Pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Air Saga, Jl. Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung berjalan lancar tanpa adanya kerumunan massa seperti yang terjadi kemarin di Puskesmas Tanjungpandan. Hal ini, menurut Bupati Belitung Sahani Saleh, terjadi karena pelayanan vaksinasi berjalan sesuai aturan.

“Pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Air Saga tidak terjadi tumpang tindih. Orang-orang yang dilayani sudah sesuai dengan e-ticket dan tenaga medis mengikuti aturan serta kaidah yang dibuat Menteri Kesehatan dan Mendagri dengan baik,” ujar Bupati ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Air Saga, Selasa (16/3)

Menurutnya, puskesmas ini melayani vaksinasi untuk rata-rata 200 orang perhari karena disesuaikan dengan kemampuan tenaga medis. Karena, apabila melebihi 200 orang, dikhawatirkan tenaga medis nanti akan kelelahan dan justru menghambat vaksinasi.

Sementara terkait pengelola hotel, memang melayani orang banyak terutama wisatawan. Namun menurutnya, wisatawan sudah dilakukan swab antigen dari bandara, begitu juga protokol kesehatan dari bandara sampai hotel dilakukan secara ketat.

“Sehingga, bukan berarti pengelola hotel tidak penting, tapi pemda memprioritaskan kelompok lokal yang sering berpapasan dengan publik, seperti guru dan ASN. Nanti ada waktunya pengelola hotel juga mendapat porsinya,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Puskesmas Air Saga dr. Gusti Indrayani mengatakan pihaknya melaksanakan vaksinasi untuk rata-rata 200 orang setiap hari, karena memperhatikan kesiapan SDM juga.

“Kemarin kami melaksanakan vaksinasi untuk 210 orang” katanya.

Sementara untuk pihak-pihak yang sudah datang namun tidak ada pada data sasaran dari Dinas Kesehatan, pihaknya tidak melayani.

“Namun untuk yang lansia, akan diarahkan untuk dicatat dahulu dan bisa datang kembali nanti,” ujarnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here