SUARATERKINI, Jakarta – Tahun 2020 merupakan tahun penuh tantangan bagi semua kalangan di dunia tak terkecuali di Indonesia. Frasa ‘Konsumen adalah Raja’, menjadi salah satu landasan dari PT Sharp Electronics Indonesia dalam memberikan layanan kepada pelanggan dalam situasi apapun dengan cara memenuhi kebutuhan pelanggan akan produk elektronik yang berkualitas, tahan lama dan memiliki layanan purna jual yang bisa diandalkan.

Di masa pandemi Sharp menghadirkan beragam produk yang dapat membantu konsumen untuk merasakan kenyamanan selama tinggal di rumah, selain itu melalui strategi pemasarannya, Sharp melakukan inovasi penjualan daring yang dapat memudahkan konsumen berbelanja produk tanpa harus repot keluar rumah.

Upaya yang dilakukan Sharp guna memuaskan pelanggan setianya selama lebih dari setengah abad keberadaan Sharp di Indonesia mendapatkan apresiasi dari konsumen setianya, hal ini dibuktikan dengan diraihnya beberapa penghargaan seperti Indonesia Customer Experience Awards 2020, untuk kategori AC.

Indonesia Customer Experience Award 2020 merupakan penghargaan yang diberikan oleh Majalah SWA yang bekerja sama dengan Business Digest untuk memberikan feedback dan apresiasi terhadap merek-merek yang tiada henti berkreasi dalam menjawab seluruh harapan dan tuntutan pelanggan.

Agus Soewadjie selaku Head of Marketing Communication PT Sharp Electronics Indonesia menyatakan “Kami merasa bahagia dan juga bangga, karena jerih payah kami untuk memberikan apa yang konsumen butuhkan, membuahkan hasil. Raihan ini turut menjadi penyemangat kami untuk memberikan pelayanan yang semakin baik, dan berkreasi agar dapat memenuhi ekspektasi pelanggan”.

Melalui variabel penilaian yang meliputi aspek kognitif, bagaimana suatu merk dapat memenuhi kebutuhan konsumen, termasuk kepuasan konsumen dalam mendapatkan manfaat produk dibandingkan dengan biaya. Aspek afektif, bagaimana tingkat kesenangan konsumen dalam menggunakan produk, termasuk kemungkinan konsumen akan membeli kembali produk tersebut, Sharp mampu mengungguli para pesaingnya.

Tolak ukur penilaian Indonesia Customer Experience Awards 2020 diambil berdasarkan survei yang dilakukan dengan metode kombinasi antara face to face interview dan telesurvey di 6 kota utama seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, dan Makassar, dengan melibatkan
3.000 responden.

Tidak hanya itu, menutup tahun 2020, Sharp Indonesia pun meraih dua penghargaan lainnya yaitu Social Media Awards 2020 dan Digital Marketing Awards 2020 yang dianugerahkan oleh Majalah Marketing pada Desember 2020 lalu. Kedua penghargaan ini diberikan sebagai wujud apresiasi kepada merk atas upayanya dalam memaksimalkan saluran sosial media dan pemasaran digital yang bertujuan untuk memperkuat brand positioning.

Di ajang Social Media Awards 2020, Sharp berhasil meraih 2 kategori yaitu produk lemari es dan AC. Menggunakan data MediaWave, Frontier selaku lembaga riset menganalisa merek-merek yang memiliki sentimen pembicaraan positif di media social sepanjang tahun.

Indeks yang digunakan adalah hasil pengembangan dan modifikasi berdasarkan Social Influence Marketing Score yang dikeluarkan oleh Razorfish. Berdasarkan penilaian tersebut, Sharp mampu memuncaki indeks lemari es dengan 56,1% dan AC dengan 31,9%.

Berbeda metode, raihan Sharp pada Digital Marketing Awards 2020 dihasilkan dari riset opini publik, yakni terdiri dari ahli yang memiliki kapabilitas dalam menilai kinerja website. Penilaian dilakukan atas enam aspek, yaitu Community, Content, Contest, Context, Connection, Commerce, dan Convenience.

Pada riset ini telah dipilih sekitar 500 pengamat yang sangat familiar dengan website beserta dengan tools-tools platformnya. Pada penghargaan ini, Sharp unggul pada kategori Elektronik Rumah Tangga dengan skor 1,961.

“Kami ingin berterima kasih kepada para konsumen dan publik, yang telah mempercayakan kebutuhan produk elektroniknya kepada kami. Kami berjanji untuk terus berupaya memberikan yang terbaik kepada konsumen, melalui pelayanan, penyajian informasi dan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan Sharp Indonesia”, tutup Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here