SUARATERKINI, Jakarta – Bertepatan dengan perayaan hari bumi tahun 2021, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) membuahkan hasil dengan diraihnya 2 kategori penghargaan TOP CSR AWARD 2021.

Komitmen PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) dalam melaksanakan 3 aspek utama strategi bisnis perusahannya yaitu tingkat adopsi CSR perusahaan terhadap ISO 26000, keselarasan program dengan strategi perusahaan, dan prinsip Good Corporate Governance (GCG) melandasi program-progoram CSR dinilai cukup baik dan diberi predikat bintang 4 oleh tim juri yang dipimpin oleh Benyamin De Haan (Sr. Advisor Top Business), Melani Harriman (Melani Harriman K Associate), dan Anis Boesra (Lembaga Kajian Nawacita).

Pada penghargaan ini, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka pun berhasil memboyong penghargaan sebagai Top Leader on CSR Commitment 2021 atas komitmennya yang tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan.

Saya merasa bangga menerima award ini, Sharp memiliki tekad untuk berkontribusi kepada dunia melalui bisnis yang ramah lingkungan, sadar kesehatan, berfokus pada produk hemat energi dan juga menciptakan produk penghasil energi.

Kami tidak akan pernah berhenti untuk berkontribusi menjaga bumi dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang kami miliki dan mengajak seluruh stakeholder untuk bersama – sama melakukan aksi nyata pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati demi bumi yang lestari,” ungkap Shinji Teraoka usai menerima penghargaan Kamis (22/4) di Jakarta.

Wujud komitmen yang dilakukan oleh Sharp Indonesia dibuktikan dengan pemasangan 360 solar panel yang menghasilkan energi listrik sebesar 66.000 watt di pabriknya yang berlokasi di Karawang International Industrial City ( KIIC) , menerapkan desain atap Skylight sehingga dapat mengurangi penggunaan lampu di siang hari, serta Zero Waste Management dengan melakukan pengolahan limbah organik dan B3, serta pemanfaatan barang sisa produksi.

PT Sharp Electronics Indonesia pun memanfaatkan lahan pabrik dengan membangun ‘Sharp Mini Forest’ yang memiliki koleksi tanaman hias, buah – buahan, sayur hingga tanaman pohon langka dari berbagai daerah di Indonesia dengan total lebih dari 200 jenis tanaman.

Selain sebagai upaya pelestarian keanekaragaman hayati, hutan buatan ini pun memiliki fungsi utama untuk menyerap buangan emisi pabrik serta memberikan suplai oksigen bagi lingkungan sekitar.

Melibatkan stakeholder, Sharp Indonesia juga membentuk komunitas generasi muda pecinta lingkungan Sharp Greenerator, yang aktif menyuarakan kampanye hijau pelestarian lingkungan yang di dukung oleh beragam yayasan nirlaba dalam bidang lingkungan.

Melalui program ‘Aksi Kolaborasi Kampanye Hijau Keanekaragam Hayati Indonesia’, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) pun kembali berhasil meraih penghargaan Indonesia Green Award 2021 untuk kategori ‘Mengembangkan Keanekaragaman hayati’.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh La Todi School of CSR. Melibatkan dewan juri La Tofi, Chairman The La Tofi School of CSR, Prof Ibnu Hamad, Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia dan Hizbullah Arief, Direktur Green Advokasi Network (Hijauku.com) kegiatan yang dilakukan Sharp Indonesia dinilai memberikan dampak positif bagi lingkungan dan dapat menjadi contoh perusahaan lain dalam melakukan pelestarian keanekaragaman hayati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here