SUARATERKINI, Tanjungpandan – Dengan diresmikannya fasilitas cathlab dan threadmill di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Marsidi Judono, warga di Kabupaten Belitung tidak perlu lagi dirujuk ke luar daerah apabila memiliki penyakit berat seperti jantung, tumor, kanker. Selain kedua fasilitas tersebut, RSUD Marsidi juga kini miliki gedung IGD dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Bupati Belitung H. Sahani Saleh dalam peresmian mengatakan bahwa ini akan meningkatkan kelengkapan untuk pelayanan kesehatan di Kabupaten Belitung. “Dengan adanya IGD, cathlab dan threadmill ini menjadikan RS Marsidi ini paripurna, karena dapat melayani penyakit jantung, bedah syaraf, tulang, dan penyakit dalam,” ujarnya Rabu, (3/2).

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie menambahkan, peresmian ini membuktikan RSUD beserta jajarannya sanggup melayani sesuai kebutuhan saat ini. Pihaknya merespon sangat baik hal ini, karena tahu banyak RS di Indonesia tidak merespon kebutuhan pasien Indonesia dengan baik. “Lengkapnya RSUD Marsidi ini sejalan dengan pelayanan pariwisata di Belitung, karena selain IGD, juga ada rekam medik, dan cathlab, sehingga wisatawan juga akan betah,” tambahnya.

Ia menambahkan, bahwa banyak hal yang harus dikerjakan untuk menjadi RS bintang lima, tapi satu persatu mulai dilengkapi. “Bukan hanya administrasinya tapi secara de facto memang melayani masyarakat dengan hati,” katanya.

Sementara itu, Kepala RSUD dr. Marsidi, dr. Hendra. Sp.An mengatakan Gedung IGD, Cathlab dan pelayanan treadmill ini menjadikan pelayanan RSUD semakin optimal dan membuat pasien tidak perlu dirujuk keluar daerah. “Cathlab ini merupakan pelayanan termegah mungkin di provinsi bangka Belitung, khususnya terkait radiologi. Pasien-pasien jantung tidak perlu lagi berobat ke Jakarta untuk memasang ring,’ katanya.

Pihaknya mengharapkan pelayanan akan semakin baik terutama juga untuk semakin mempercepat penanganan pasien covid -19. Dengan adanya Pandemi ini,  pelayanan kesehatan selain Covid agak terkesan dinomorduakan, semoga peresmian IGD ini akan membuat pelayanan menjadi lebih baik.

Seperti diketahui, Cath Lab atau Kateter Jantung dan Angiografi adalah suatu tindakan medis/prosedur diagnostik invasif yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung/koroner.

Sementara Pemeriksaan treadmill, atau yang juga dikenal dengan sebutan stress test, merupakan pemeriksaan yang dilakukan guna melihat kinerja jantung selama seseorang melakukan aktivitas fisik. Karena aktivitas fisik dapat membuat jantung memompa lebih keras dan cepat. Pemeriksaan treadmill dapat membantu mengungkapkan adanya masalah aliran darah dalam jantung. (willy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here