SUARATERKINI, Jakarta – Dimasa pandemi ini, Rumah sakit merupakan salah satu tempat dengan risiko penularan COVID-19 terbilang begitu tinggi, terutama di area kantin rumah sakit karena pengunjung melepaskan masker saat akan makan dan minum.

Hal ini menyebabkan pekerja kantin rumah sakit berisiko tinggi terpapar virus COVID-19, sehingga sangat penting untuk melakukan proteksi diri dengan baik dan benar agar tidak tertular COVID-19 mengingat bahwa kasus positif mulai kembali meningkat terutama dengan adanya varian baru yaitu Omicron.

Hal tersebut dikatakan dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) drg. Magdalena Juliani Hardja Buntara, M.Kes. pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) FKG Usakti bekerjasama dengan Komunitas Pekerja Kantin Rumah Sakit (RS) Jabodetabek dan Banten.

Para pekerja kantin rumah sakit juga perlu diberi penyuluhan mengenai cara menjaga kebersihan gigi dan mulut karena adanya beberapa keluhan mengenai kondisi gigi mereka dan ketakutan berkunjung ke dokter gigi di kala pandemi.

Adaptasi kebiasaan baru sangatlah diperlukan agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa dengan kemungkinan kecil atau tanpa terinfeksi virus COVID-19″ Jelas Magdalena yang juga ketua PkM, dihadapan puluhan pekerja kantin Rumah Sakit secara virtual (16/1) lalu .

Menurut Magdalena kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) FKG Usakti ini memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para pekerja kantin dari beberapa rumah sakit di Jakarta, Tangerang dan Cikarang untuk mengurangi resiko para pekerja kantin tertular COVID-19 serta untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulutnya.

Dengan tema” Pendidikan dan Pelatihan Proteksi Diri Saat Adaptasi Kebiasaan Baru dengan PANDAKU (PAstikan jaga jarak, Nyok cuci tangan, Disiplin memakai masker, Ayo vaksinasi, KUmur dan sikat gigi)”. Penyuluhan berlangsung selama 90 menit dengan memberikan materi, video, pelatihan dan diskusi.

Dengan PANDAKU, magdalena mengajak pekerja kantin, terutama yang tinggal bersama dengan lansia dan balita diharapkan dapat memutus rantai penyebaran COVID-19 di klaster rumah sakit.

Pada PkM ini anggota tim terdiri dari dosen yang berasal dari 3 prodi, yaitu prodi SKG, prodi Profesi Kedokteran Gigi, prodi PPDGS Konservasi Gigi, dengan mahasiswa program profesi Kedokteran Gigi, residen PPDGS Konservasi Gigi, alumni FKG Universitas Trisakti, serta tenaga kependidikan (TPG).

Adapun Tim Pengabdian Kepada Masyarakat ini terdiri dari:
1. drg. Magdalena Juliani Hardja Buntara, M.Kes (Ketua)
2. Dr. drg. Didi Nugroho Santosa, M.Sc (Anggota)
3. Dr. drg. Rr. Asyurati Asia, M.Kes (Anggota)
4. drg. Selviana Wulansari, SpKG(K) (Anggota)
5. drg. Levina Handayani Wibowo (Anggota)
6. drg. Laurencia Angelina, MM (Anggota)
7. Catherine Rahayu, SKG (Anggota)
8. Della Puspita Arini, SKG (Anggota)
9. Charyne Alika Savitri, SKG (Anggota)
10. Dwi Saputro (Anggota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here