SUARATERKINI, Jakarta,- kesuksesan seseorang dapat terlihat sejak muda, hal tersebut dibuktikan dari pengalaman pemimpin perusahaan atau pengusaha sukses di Indonesia maupun dunia memiliki beberapa persamaan.

Hal tersebut dikatakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana (UMB) Jakarta Erna Risnawati, M.Si bekerja sama dengan BKB Nurul Fikri Megapolitan Timur 2 dalam pelatihan “Map Out your future” untuk siswa siswi kelas 12 yang akan masuk perguruan tinggi tahun ini.

Erna Risnawati, M.Si mengemukakan bahwa seorang yang sukses mereka memiliki pemetaan goal karir yang lebih terarah sebelum ia memasuki jenjang perkuliahan.

Selain itu, ia juga memberikan tips bagaimana membentuk karakter individu guna mempersiapkan jenjang karir selanjutnya, kata Erna Risnawati yang juga menjadi pembicara.

Menurutnya, kecerdasan IQ bukanlah satu-satunya faktor kesuksesan namun kemampuan nonkognitif seperti ketekunan, pantang menyerah dan kemampuan bangkit dari kegagalan menjadi faktor penting.

Untuk itu, Erna mengajak generasi muda terutama yang sekarang ini kelas 12 untuk memiliki katakter disiplin, etika dan kecerdasan mengelola emosi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita mengoptimalkan kemampuan nonkognitif dipadukan dengan karakter tersebut maka tujuan atau cita-cita mulai dari kuliah hingga karir yang sukses dapat tercapai, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here