SUARATERKINI, Jakarta – Kantor pusat, Yanmar Co., Ltd. di Osaka, Japan, menyajikan menu Muslim-friendly (ramah Muslim) di kantin kantor pusatnya yang disebut the Premium Marche Café sejak 1 Maret 2016.

Selain menyajikan menu ramah Muslim tentunya, tersedia juga untuk para pekerja Jepang dan non-Muslim sehingga bisa membantu dalam menyebarkan pemahaman budaya di lingkungan perusahaan.

Rino Ardaya Taher, seorang karyawan PT. Yanmar Diesel Indonesia mengatakan,” saya ingat ketika saya berkunjung ke the Premium Marche Café di kantor pusat Yanmar, saya terkejut karena mereka menyediakan menu ramah Muslim dan ruangan sholat.

Sebagai salah satu karyawan Muslim dari Indonesia, menu yang halal dan tersedianya tempat ibadah merupakan kebutuhan primer. Ditambah lagi, makanan yang memiliki sertifikat halal dan peralatan memasak dan peralatan makan yang disiapkan secara terpisah membantu membuat saya merasa nyaman,” ucapnya dalam rilis, Senin (24/2/20).

Setiap kali saya datang ke Osaka, the Premium Marche Café di kantor pusat Yanmar adalah tempat favorit saya”, tegas Rino Ardaya.

Sebagai informasi, yang memprakarsai perubahan ini dan menginspirasi rekan kerjanya untuk berpartisipasi dalam proyek ini untuk menyediakan menu ramah Muslim di kantin adalah Bapak Shohruhbek Ibragimov, seorang karyawan di Yanmar Co., Ltd sejak tahun 2011.

Bapak Shohruhbek secara pribadi tahu betapa sulitnya menemukan tempat untuk makan dan beribadah. Pengalamannya sebagai seorang Muslim yang tinggal di Jepang-lah yang memotivasi Bapak Shohruhbek untuk memulai proyek ini.

Selain menu ramah Muslim, Yanmar Co.,Ltd. juga menyediakan ruang khusus sholat di dekat the Premium Marche Café agar para karyawan dan pengunjung dapat beribadah dengan tenang dan nyaman.

Tak hanya ramah Muslim, makanannya juga sehat, segar, dan istimewa karena sayuran yang digunakan disediakan oleh para petani yang menggunakan mesin pertanian Yanmar. Bahkan ada kue yang ramah Muslim juga yaitu kue Baumkuchen bersertifikat Halal.

Adapun Menu Muslim-friendly di the Premium Marche Café disajikan menurut standar tersendiri sebagai berikut.
1. Tidak mengandung daging babi, produk babi, atau alkohol (produk pembersih mungkin mengandung alkohol)
2. Seluruh daging untuk dikonsumsi bersertifikat halal
3. Mayoritas zat aditif bersertifikat halal. Dalam kasus dimana suatu produk tidak bersertifikat, kandungannya sudah diperiksa untuk memastikan tidak ada kandungan yang tidak diizinkan (halal)
4. Peralatan memasak dan peralatan makan yang digunakan untuk memasak dibersihkan dan disimpan secara terpisah dari peralatan lainnya yang digunakan untuk memasak makanan non-halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here