SUARATERKINI, Jakarta,- Meskipun tingkat penyebaran covid-19 di Indonesia menurun dan gencarnya program vaksinasi, protokol kesehatan mesti tetap dilakukan terutama di tempat ibadah menjelang bulan suci ramadhan.

Hal tersebut dikatakan Dr. drg. Meiny Faudah Amin, Sp.KG(K) pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan bagian dari Dewan Riset Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) bekerjasama dengan Pemuda dan Remaja Islam Mesjid Al-Adil (PRISMA) di Kompleks Kejaksaan Lebak Bulus Jakarta Selatan kemarin (4/4).

“Mesjid termasuk area yang berisiko tinggi dalam penyebaran Covid-19. Masyarakat yang datang beribadah sangat beragam, baik dari usia maupun tingkat pengetahuannya. Oleh karena itu dirasakan perlu untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dengan mengadakan pendidikan dan latihan sederhana dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan,” jelas drg Meiny yang ketua pelaksana PkM FKG Usakti.

Menurutnya, banyak hasil penelitian yang mengatakan penyakit Covid-19 ini selain berhubungan dengan saluran pernafasan, juga ada di dalam rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dimasa pandemi ini perlu disebar luaskan kepada masyarakat.

Pada pelaksanaan PkM FKG, memberikan pelatihan dan penyuluhan terkait menjaga kebersihan gigi dan mulut dimasa pandemi, proses penyebaran covid-19, cara memakai masker, menerapkan protokol kesehatan, tim PkM FKG Usakti tidak hanya memberikan materi, namun memberikan bantuan alat kesehatan Gigi dan mulut bagi masyarakat Kompleks Kejaksaan Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Adapun tim PkM FKG diketuai Dr. drg. Meiny Faudah Amin, SpKG(K), beranggotakan drg. Taufiq Ariwibowo, Sp.KG(K), drg. Niko Falatehan, Sp.Pros, drg. Aditya Pratama Sarwono, MH, MARS, Sp.Pros, drg. Idham Tegar B., SKG, Arda Candra M, SKM beserta beberapa mahasiswa profesi kedokteran gigi I. Gusti Sanditya Ardiana, SKG, Nabila Tazkia, SKG, Nabiala Afifah, SKG dan Kevin Pratama Gundjoyo, SKG.

Dengan kegiatan PkM ini, drg. Meny mengajak PRISMA untuk mempersiapkan masyarakat sekitar bisa selalu siaga agar pasti bisa melawan Covid-19. Menjalankan protokol kesehatan dengan jemaah wajib mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dalam melakukan ibadah, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here