Suaraterkini.com, Jakarta,- Penyebaran Covid-19 di Indondonesia khususnya di Jakarta belum mengalami penurunan bahkan cenderung meningkat, untuk mensosialisasikan kesehatan di tengah masyarakat, dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melakukan Tridarma pergirian tinggi bekerjasama dengan organisasi Pita Putih Indonesia (PPI) mengadakan Pengabdian kepada Masayarakat (PkM) secara daring dengan warga Rorotan Jakarta Utara (21/1).

Ketua PkM FKG Usakti drg. Yayuk Yuliarsi, M.S., mengatakan dipilihnya kelurahan Rorotan kecamatan Cilincing merupakan kawasan pabrik dengan kasus Covid-19 cukup tinggi. Sebagian besar masyarakatnya adalah buruh yang memiliki pengetahuan yang kurang dan sosial ekonominya menengah kebawah. Selain itu juga dijumpai kasus kematian ibu hamil dan anak balita cukup banyak.

Dengan Judul “ Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kesehatan Gigi serta Kesehatan Ibu dan Anak pada Masyarkat Kelurahan Rorotan Jakarta Utara di Era Pandemi Covid 19 “, drg Yayuk mengajak ibu-ibu khususnya di kawasan rorotan untuk meningkatkan kesehatan gigi serta keaehan ibu dan anak di masa pandemi covid-19 ini.

Kegiatan yang berlangsung dua hari (20-21 Januari 2021) dimulai dengan pre tes untuk mengetahui pengetahuan dan ketrampilan tentang kesehatan gigi, kesehatan ibu& anak serta protokol kesehatan.

Pada hari ke dua (21/1), lanjut drg Yayuk, dilaksanakan pendidikan , pelatihan dan penyuluhan dengan materi, Anatomi Gigi, Karies Gigi, Penyakit Periodontal, Protokol Kesehatan, COVID 19, dan kesehatan ibu dan anak serta ditayangkan video mencuci tangan 6 langkah menurut WHO,cara menyikat gigi yang benar, serta memasag & melepas masker yang benar yang diikuti sebanyak 45 peserta.

Sementara itu perwakilan warga Rorortan, Bidan Magdalena mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kesehatan Gigi serta Kesehatan Ibu dan Anak pada Masyarakat Kelurahan Rorotan Jakarta Utara.

Pada Kegiatan ini diikuti Tim FKG Usakti yang terdiri dari , drg. Yayuk Yuliarsi, M.S., drg . Sri Lestari, M.Kes, drg. Yuniar Zen, Sp. Ort, drg. Yessy Ariesanti, Sp. Bm, drg. Andree Darkim, drg. Astrya Fitryanur, Yuli Satria, S.Pd, Khansa Nabila, SKG, Chitra Meizalia, SKG, Syifa Diani, SKG, dan Dr. dr. Wan Nedra . Sp. A.

Melalui kegiatan PkM ini, drg Yayuk berharap bisa meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi,kesehatan ibu dan anak, serta menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga, angka kematian ibu dan anak bisa ditekan dan memutus mata rantai penularan COVID-19, pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here