SUARATERKINI, Tanjungpandan – Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengatakan peringatanhari lahir Pancasila dapat menjadi momentum dalam berjuang bersama mengalahkan pandemi Covid-19.

“Saat pandemi ini justru kita harus memperkuat jiwa pancasila kita disitu ada aspek soaial yaitu kesatuan bagaimana masyarakat bahu-membahu gotong royong untuk bisa melewati badai pandemi,” katanya usai mengikuti upacara peringatan hari lahirnya pancasila secara virtual di Tanjung Pandan, Selasa (1/6)

Menurutnya, dalam butir-butir pancasila terkandung makna yang sangat mendalam seperti nilai etika, moralitas, kehidupan sosial masyarakat serta tuntunan untuk menjadi warga negara yang baik.

“Dalam pancasila semuanya sudah lengkap sehingga pancasila merupakan ideologi yang paling baik paling cocok buat Indonesia yang terdiri atas berbagai macam suku, agama dan ras,” ujarnya.

Ia berharap, pancasila tidak hanya sebatas diingat dan dipamerkan namun harus masuk ke dalam jiwa dalam kehidupan tindakan nyata sehingga memiliki kontribusk dalam kehiduoan bangsa dan daerah.

“Pancasila harus menjadi jiwa dalam setiap gerak masyarakat secara nyata itu yang paling penting karena kalau bagi saya selain sebagai falsafah pancasila sebagai “way of life” atau penunjuk arah bangsa ini mau dibawa kemana,” kata dia.

Disamping itu lanjut Wabup, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam amanatnya bahwa pancasila senantiasa diuji dari waktu ke waktu.

Dikatakan, ujian tersebut berupa arus digitalisasi ilmu pengetahuan yang begitu tinggi hingga masuknya strategi baru dalam menggerogoti pancasila dengan menawarkan ideologi baru.

“Namun kalau kita bisa melewati badai pandemi ini maka Indonesia akan semakin besar,” ujarnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here