SUARATERKINI, Tanjungpandan – Memasuki H-7 hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, aktivitas transaksi jual beli di Pasar Tanjungpandan semakin meningkat. Semakin banyak masyarakat yang berbelanja kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan bahan pangan menjelang Idul Fitri. Namun demikian, kesadaran memakai masker belum ada pada benak sebagian penjual dan pembeli.

“Banyak pedagang yang masih abai terhadap protokol kesehatan, banyak reaksi negatif dari pedagang di pasar ikan terhadap sosialisasi yang dilakukan petugas,” ujar Sekretaris Satpol PP Kabupaten Belitung, Abdul Hadi usai melaksanakan sosialisasi gabungan dengan BPBD dan Dinas Perhubungan di Pasar Tanjungpandan, Kamis (6/4).

Menurutnya, dengan kesibukan pemerintah dan banyaknya korban Covid-19, para pedagang dan pembeli di pasar masih terlihat abai tanpa memakai masker. Petugas yang memberikan edukasi tidak terlalu dianggap oleh pedagang.

“Bahkan ada masyarakat yang mencemooh petugas yang melaksanakan sosialisasi, namun petugas tetap melaksanakan kegiatan,” ujarnya.

Hal ini sangat disesali, karena saat ini Belitung masih masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Walaupun demikian, menurut Hadi, saat ini pihaknya belum melakukan penindakan. Kegiatan sifatnya masih sosialisasi dalam tiga bulan ini, jadi hanya anjuran dan peringatan agar mematuhi protokol kesehatan.

“Tim juga sekaligus membagikan masker kepada penjual dan pembeli di pasar yang tidak memakai masker. Ada tujuh kotak dengan isi 50 masker yang habis dibagikan, berarti 350 masker,” tambahnya.

Selama tiga bulan ini hanya melakukan sosialisasi, setelah sosialisasi selesai baru dilakukan sanksi sosial dan tindak pidana. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here