SUARATERKINI, Jakarta,- Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi berupa Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) dengan judul “Program Pemilihan Jurusan dan Merencanakan Karir” secara daring bekerjasama dengan Suku Dinas Pendidikan wilayah I Jakarta Barat.

Ketua Pelaksana PPM, UMB Dr. Irfan Aulia Syaiful, M.Psi. Psikolog, dalam keterangannya mengatakan, era digital saat ini beberapa perusahaan yang tidak bisa beradaptasi mengalami kebangkrutan, namun disisi lain muncul berbagai profesi yang baru, untuk itu sejak remaja perlu menggali potensi diri dan mempersiapkan karir kedepan.

“Karier bukan pekerjaan, bukan jenjang pekerjaan namun Karier adalah perjalanan
karya dan kontribusi” jelas Irfan didepan ratusan siswa SMA yang mengikuti acara secara daring.

Untuk itu, lanjut Irfan, setiap siswa perlu berdiskusi dengan orang dekat terkait kesukaan, minat, bakat dan temukan apa yang mau dilakukan tanpa perlu
dibayar dan dengan energi yang penuh.

Hal senada dikatakan Dr. (C) Irma Himmatul Aliyyah, M.Psi., Psikolog, untuk menentukan karir atau pekerjaan yang sesuai maka pemilihan jurusan saat masuk kuliah akan mempengaruhi karir kedepannya.

“Sebelum memilih jurusan maka kita perlu mengenal diri kita atau bertanya sama orang tua, guru atau teman dan memiliki target serta perencanaan kedepannya” ucap Irma.

Dengan adanya PPM dengan siswa SMA di DKI Jakarta ini, tambah Irfan, siswa SMA dapat mengenali diri terkait bakat, minat, pemilihan jurusan yang tepat, rencana dan target kuat, maka karir yang cemerlang dapat diraihnya, tutup Irfan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here