SUARATERKINI, Tanjungpandan – Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga merupakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah melantik jajaran pengurus baru PMI Kabupaten Belitung masa bakti 2021-2026.

“Kami harapkan pengurus yang baru dapat lebih optimal dalam memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam layanan donor darah,” katanya di Tanjung Pandan, Sabtu (26/6).

Menurutnya, kiprah PMI tidak perlu diragukan lagi dalam memberikan bantuan sosial kemanusiaan baik di dalam negeri bahkan luar negeri ketika terjadi musibah atau bencana alam.

“PMI adalah mitra pemerintah maka PMI harus membantu pemerintah bersama-sama di dalam menyelesaikan menangani segala persoalan yang ada,” ujarnya.

Abdul Fatah berharap, PMI dapat terus membantu pemerintah dalam mengakhiri pandemi COVID-19 dengan terus melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Seperti yang telah dilakukan PMI yang melakukan penyemprotan disinfketan secara sukarela seperti di sekolah-sekolah dan objek vital lainnya,” kata dia.

PMI Belitung juga diharapkan dapat lebih aktif dalam melaksanakan kegiatan donor darah dimana permintaan darah terus mengalami peningkatan.

“Tetapi secara spesifik dan khusus kita kaitkan dengan kondisi pandemi COVID-19 sekarang, dimana PMI mulai mengajak masyarakat untuk mulai mendonorkan plasma darah konvalesen yang dipercayai sebagai penawar COVID-19,” katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Belitung, Suhandri mengatakan selepas dilakukan pelantikan maka langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah meningkatkan kinerja dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kemudian peningkatana sarana dan prasarana seperti gedung dan peralatan. Kami akan melakukan standarisasi karena alat-alat yang digunakan dalam donor darah perlu pemeliharaan dan perawatan khusus jangan sampai rusak,” ujarnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here