SUARATERKINI, Jakarta – Untuk mendukung kebiasaan sehat anak pada adaptasi kebiasaan baru, perlu adanya sebuah edukasi atau informasi.

Salah satunya yang dilakukan Danone Indonesia dengan meluncurkan edukasi bagi anak melalui lagu “Isi Piringku”.

Pada masa ketika anak-anak #BelajarDariRumah, lagu yang ditampilkan dengan visual dan tarian yang menarik ini dapat membantu proses belajar mengajar mengenai konsep gizi seimbang pada anak.

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Psikolog anak dan juga Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia wilayah Jakarta, menjabarkan, “Lagu merupakan salah satu alat pendidikan yang menyenangkan untuk anak, yang dapat membantu menanamkan kebiasaan baik, termasuk informasi pentingnya nutrisi gizi pada makanan dan minuman serta menjaga kebersihan.

Selain itu, adanya tarian yang menyertai lirik ini tidak hanya membantu anak mengingat isi lagu, tetapi juga membuat mereka bergerak.

Hal ini sangat baik diterapkan selama anak belajar di rumah, supaya mereka tidak kurang gerak,” ungkapnya diacara webinar Danone Indonesia meluncurkan lagu “Isi Piringku”, Jum’at (28/8/20) lalu.

Anna menambahkan, untuk mempermudah penyerapan konsep lagu yang edukatif, lagu tersebut dapat diputar secara berulang di saat yang paling relevan dengan isi lagu.

Misalnya lagu “Isi Piringku” bisa diputarkan saat anak sedang makan, sehingga si kecil dapat melihat dan belajar secara langsung melalui makanan di piring mereka,” paparnya.

Selain itu, lagu yang mengandung pesan akan pentingnya gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta minum air dan susu, dan kebiasaan cuci tangan pakai sabun disajikan dalam irama dan lirik yang mudah diingat untuk dapat diajarkan oleh para guru dan orang tua kepada anak-anak,” tegasnya.

Di sini, guru, orang tua maupun pendamping anak memiliki peran besar dalam membimbing anak memahami isi lagu tersebut,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here