SUARATERKINI, Jakarta,- Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Prestige Aviation akan mengenalkan EHang 216 yang merupakan Official Aircraft IMI sebagai alat transportasi udara resmi mendukung kesuksesan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G-20) yang akan diselenggarakan di Bali pada November 2022.

“Setelah sukses uji terbang tanpa awak di Bali pada November 2021 lalu, EHang 216 juga telah menjalani uji terbang menggunakan boneka yang ukuran dan beratnya menyerupai manusia. Uji terbang tersebut dilakukan di area parkir di sela acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Dalam waktu dekat, diharapkan izin terbang dengan penumpang manusia bisa segera didapatkan. Sehingga bisa mendukung penggunaan alat transportasi udara massal berbasis listrik yang nyaman, murah, dan efisien,” ujar Bamsoet usai menerima jajaran direksi EHang dari China, di Jakarta, Selasa, (2/8/22).

Jajaran direksi EHang dari China yang hadir antara lain, Vice President Zhe Jun Tang, Asia Pacific Sales Director Bill Choi, Marketing Director Tian Xing He, dan Executive Chairman of Prestige Aviation Rudy Salim.

Bamsoet yang juga ketua MPR RI menjelaskan, di skala global, EHang 216 sudah digunakan mengangkut penumpang di beberapa negara, seperti Belanda, Austria, dan China. Sementara tanpa penumpang, EHang 216 sudah dicoba di Jepang, Korea, Estonia, USA, Dubai, Qatar, dan Canada. Dengan total 30.000 kali terbang.

“Sebagai kendaraan udara otonom, autonomous aerial vehicle, EHang 216 telah menjadi official aircraft IMI, yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Misalnya mengontrol sirkuit balap maupun melakukan pengawasan berbagai turnamen dan sirkuit balap sesuai ketentuan Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Selain juga digunakan untuk memikat para wisatawan, memajukan sektor pariwisata seperti di Bali dan Lombok, dan berbagai destinasi wisata unggulan lainnya,” jelas Bamsoet.

“EHang 216 juga telah dioperasikan atas perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memotret dan memetakan wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada awal Januari 2022. Dari mulai melihat lokasi yang masih hancur berantakan akibat erupsi Gunung Semeru, hingga memantau daerah mana saja yang akses jalannya masih belum bisa dilalui transportasi darat. Membuktikan bahwa Ehang 216 sangat adaptif dan bisa digunakan untuk keperluan apapun. Ehang 216 lebih dari sekadar alat transportasi, keberadaanya telah menjadi bagian dari sejarah perubahan peradaban manusia,” pungkas Bamsoet. (Rep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here