SUARATERKINI, Tanjungpandan – Kesadaran mematuhi protokol kesehatan bagi penumpang dan pengemudi bus di Terminal Tanjungpandan masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya penumpang dan pengemudi bus yang tidak memakai masker.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Ramansyah mengatakan pihaknya mendatangi bus dan menegur serta memberi masker kepada pengemudi dan penumpang jika ada yang tidak memakai masker.

“Orang-orang yang masuk terminal rentan terhadap penularan Covid-19,” ujarnya.

Namun demikian, saat ini masih kurang kesadaran masyarakat yang keluar dan masuk terminal, baik terhadap pemakaian masker maupun menjaga jarak. Dishub juga tugasnya memberikan edukasi agar semua penumpang, pengemudi, maupun pengantar.

“Masih banyak penumpang yang abai terharap masker, dan hanya mau memakai ketika sudah ditegur,” tambahnya.

Dinas Perhubungan mendirikan posko monitoring dan pengawasan transportasi selama Idul Fitri 1442 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 sejak 6 sampai 24 Mei 2021.

“Yaitu dari sebelum masa pengetatan mudik, pada masa larangan mudik, dan sampai pada masa arus balik,” katanya.

Menurutnya, arus pemudik sudah berkurang di terminal, baik yang dari Belitung ataupun yang dari Belitung Timur.

“Pembatasan penumpang juga diberlakukan, hanya dibolehkan 50% dari kapasitas bus dan angkutan kota,” tutupnya. (wil)

2. Di terminal,

Kesadaran memakai masker penumpang bus di terminal masih sangat kurang, diperlukan ketegasan berupa penerapan sanksi dan denda. Karena, semakin hari semakin banyak pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here