SUARATERKINI, Tanjungpandan – Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, semakin serius dalam mengembangkan kawasan Geopark demi memaksimalkan potensi ekonomi bagi daerah tersebut.

Bupati Belitung, Sahani Saleh mengatakan Kecamatan Sijuk yang memiliki banyak lokasi geosite kedepannya akan banyak pembangunan. Saat ini Pemkab Belitung tengah menyusun RDTR yang berbasis dengan pengembangan Geopark di kawasan utara Pulau Belitung tersebut.

“Jadi kelanjutan penyusunan RDTR ini yakni pemanfaatan-pemanfaatan kawasan itu, dalam rangka mengembangkan untuk berbagai macam hal terutama kaitan dengan kepariwisataan,” ujar Sahani Saleh saat membuka FGD RDTR di Hotel BW Suite, Selasa (29/6).

Menurutnya, dengan adanya RDTR ini bisa ditetapkan dan difokuskan daerah tersebut akan dibangun apa saja. Dalam pembangunan daerah ini akan dibagi menjadi beberapa kawasan, seperti kawasan perkebunan, kelautan dan perikanan serta perlindungan HKM.

“Jadi dikaitkan dengan Geopark tadi itu, dalam tahap ini kita menyusun ada apa saja di situ. Mana yang dijadikan kawasan perkebunan dijadikan kawasan untuk budidaya perikanan dan untuk kawasan perlindungan HKM,” lanjut pria yang akrab disapa Sanem ini.

Dikatakan Sanem, ke depan, di Kecamatan Sijuk juga akan dilakukan perkembangan pelabuhan kelautan dan perikanan yang berada di lokasi eks pelabuhan pasir di Dusun Munsang, Desa Sungai Padang.

“Eks pelabuhan pasir dulunya itu akan dijadikan pengembangan industri perikanan. Karena di sana nanti juga akan dilakukan pengembangan Geo Maritim, karena kekayaan alam laut kita nanti juga harus kita fokuskan, karena itu bukan hanya di Belitung tapi di Indonesia kaitan dengan bahari ini. RDTR ini harus sudah selesai pada Oktober mendatang, sehingga dengan demikian akan banyak pembangunan di kawasan tersebut kedepannya,” ungkapnya.

FGD pembahasan RDTR merupakan tindak lanjut dari pengukuran tanah yang dilakukan Kementerian ATR/BPN sebelumnya, dimana hal tersebut juga memiliki keterkaitan dengan geopark Belitung. Dengan RDTR tersebut ke depan diharapkan Belitung dapat memaksimalkan potensi wisata dari geopark tersebut. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here