SUARATERKINI, Tanjungpandan – Stok bahan pangan untuk tiga bulan ke depan dipastikan aman. Kepala Perum Bulog KCP Belitung, Romi Victa Rose memastikan stok beras yang tersedia saat ini sebanyak 440 ton aman untuk masyarakat Belitung sampai tiga bulan ke depan.

“Saat ini stok beras ada 440 ton, rata-rata Bulog menjual sebanyak 120 ton perbulan. Stok yang ada saat ini cukup untuk tiga bulan ke depan,” katanya kepada SUARATERKINI, Jumat (5/3).

Bahkan ditambahkannya, untuk bulan Maret ini pihaknya sedang mengajukan penambahan 390 ton untuk Belitung dan Belitung Timur. Jika stok tersebut sudah masuk, akan aman sampai bulan Juli-Agustus, termasuk dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran bulan April-Mei mendatang.

Sementara terkait stok daging, saat ini pihaknya memiliki stok 3.122 kg stok daging kerbau beku dengan penyaluran rata-rata sebanyak 1.500 kg dalam satu bulan. Pihaknya mengajukan penambahan sebanyak 7.000 kg lagi pada Maret.

“Dengan tambahan stok tersebut, persediaan daging akan aman sampai Juli-Agustus,” ujarnya.

Romi menambahkan, untuk komoditi minyak goreng saat ini ada stok 9.000 liter dan akan mendapat penambahan 10.000 liter yang saat ini masih dalam perjalanan.

“Sementara tepung terigu pada bulan Maret ini akan ditambah 8.300 kg dan gula juga akan masuk pada Maret sebanyak 10.000 kg, yang diperkirakan akan mencukupi sampai Agustus,” katanya.

Terkait operasi pasar, pihaknya menambahkan bahwa Bulog ikut jadwal Pemda dalam melakukan operasi pasar. Bulog, menurutnya, dalam fungsinya untuk menstabilkan harga, selalu melakukan KPSA (Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga) dimana hal ini Bulog lakukan setiap bulan namun tidak mengumumkannya.

“Sebelumnya pada bulan Januari dan Februari lalu Bulog melakukan KPSA di Pasar Hatta dan Pasar Baru, serta Pasar Bawah,” tutupnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here