Ingin Tahu Manfaat Contact Center Omni-Channel, Berikut Penjelasannya

AdvertisementAds Sharp

SUARATERKINI, Jakarta – Menurut CX Trends 2023, 71 persen pelanggan mengharapkan bantuan yang cepat saat menghubungi bisnis. Namun, menyediakan dukungan 24/7 cenderung memerlukan biaya besar. Sering kali, upaya mengintegrasikan seluruh komunikasi pelanggan ke dalam satu platform termasuk layanan, pengalaman, dan kepuasan pelanggan menjadi tantangan bagi bisnis lokal yang ingin meningkatkan sistem serta tenaga kerjanya.

Regional Director Accordia Solution, Bernard Yeong mengatakan, “Perilaku pelanggan terus berkembang. Oleh karena itu, bisnis membutuhkan solusi layanan customer service berbasis omni-channel kuat dan dinamis yang berpusat pada pelanggan. Hal ini akan membantu perputaran bisnis lebih cepat, memahami preferensi, perilaku, dan harapan pelanggan dengan lebih baik untuk menumbuhkan loyalitas serta advokasi mereka. Meskipun ide layanan pelanggan omni-channel sederhana, masih banyak perusahaan yang kesulitan menerapkannya. Perusahaan sering melakukan kesalahan umum, seperti kurangnya koordinasi, terlalu fokus pada teknologi daripada strategi, data yang tidak lengkap, kurangnya pelatihan dan pendidikan, serta tidak mengukur tingkat keberhasilan yang dapat menyebabkan kegagalan.”

Bermitra dengan penyedia solusi contact center terpercaya seperti Accordia dapat membuat proses implementasi menjadi lebih mudah, mengurangi kompleksitas, dan memastikan modul yang tepat digunakan pada waktu yang tepat.

Keunggulan dari omni-channel solution adalah dapat digunakan di cloud yang dimiliki dan dikelola dengan sistem berlangganan oleh cloud contact center solution, maupun dimiliki dan dikelola sepenuhnya oleh perusahaan. Dengan dukungan sistem Accordia yang terintegrasi, perusahaan dapat merampingkan biaya operasional sehingga meningkatkan operasi dan meningkatkan pendapatan.

BACA JUGA:  Kuis Xtravaganza dan FantAXIS : Pelanggan XL Asal Serang Raih Hadiah Puluhan Juta

Sebagai solusi cloud contact center omni-channel terkemuka, Accordia terdepan dalam mengelola keterlibatan pelanggan secara strategis, inovatif, dan dapat diandalkan untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Accordia menawarkan berbagai solusi yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi, termasuk Voice, Chat, Desk, dan Social. Selain itu, solusi ini menjadi pilihan menarik bagi bisnis dengan berbagai macam pelanggan karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih hemat biaya.

Saat ini, 80 persen permintaan pelanggan Accordia adalah seputar omni-channel. Berbagai industri merangkul tren ini dalam memenuhi kebutuhan terhadap chatbot yang terintegrasi dengan saluran sosial termasuk e-commerce, Fast Moving Consumer Good (FMCG), lembaga keuangan, penyedia layanan internet, maskapai penerbangan, hingga sektor publik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat contact center omni-channel yang lebih signifikan:

1. Kembangkan bisnis Anda dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas, reputasi, dan penjualan

Pelanggan cenderung lebih puas dengan layanan sehingga berpotensi menjadi lebih loyal terhadap bisnis Anda jika perusahaan memberikan pengalaman pelanggan yang seamless dan konsisten di seluruh saluran. Hal ini juga dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis, terbukti melalui sebuah studi oleh Aberdeen Group Inc yang berhasil mempertahankan 89 persen pelanggan dengan strategi pelanggan omni-channel yang kuat.

BACA JUGA:  Hari Keenam PPKM Darurat, Mobilitas Masyarakat Jabar Dapat Ditekan

Secara rata-rata, solusi Accordia telah berkontribusi dalam meningkatkan 25 persen penjualan mitra serta memperoleh lebih dari 80 persen tingkat kepuasan. Accordia membantu sebuah perusahaan telekomunikasi dalam memungkinkan fitur layanan mandiri yang berhasil menurunkan volume panggilan dan meraih peringkat Skor Kepuasan Pelanggan (CSAT) lebih tinggi.

2. Mengurangi biaya

Meskipun penerapan customer service omni-channel membutuhkan investasi teknologi dan pemeliharaan di awal, strategi ini dapat mengurangi biaya dari waktu ke waktu dengan meningkatkan produktivitas sekaligus memfasilitasi alokasi sumber daya yang lebih baik. Transformasi digital merupakan sebuah perjalanan, bukan tujuan. Bisnis dapat mengupayakan peningkatan single technology seperti chatbot atau memanfaatkan model berbasis langganan cloud yang lebih terjangkau dibandingkan dengan peningkatan infrastruktur digital secara menyeluruh.

Guna memenuhi kebutuhan berbagai skala bisnis, Accordia menawarkan solusi value for money. Accordia mendukung salah satu mitranya di sektor kesehatan dengan menyediakan solusi contact center hemat biaya dan andal yang memungkinkan tim penjualan dan pemasaran beroperasi lebih efisien dalam mempromosikan layanannya.

3. Meningkatkan data pelanggan

BACA JUGA:  XL dan RS MMC Kerjasama Penerapan “IoT Wearable Device” untuk Kebugaran Tubuh

Perusahaan dapat memperoleh informasi yang berguna untuk mengidentifikasi masalah umum dan informasi secara real-time mengenai interaksi pelanggan melalui customer service omni-channel. Pelanggan dapat mengakses informasi intelijen dan metrik dengan mudah dari dashboard yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA). Teknologi ini memungkinkan pemilik bisnis membuat keputusan yang lebih cerdas, meningkatkan produktivitas, dan dapat digunakan untuk menargetkan pelanggan tertentu dengan kampanye pemasaran.

Accordia menyediakan IVR CSAT bagi salah satu mitra dari industri otomotif dalam memperoleh data dengan cepat sekaligus membantu memperluas basis pelanggan dan mendapatkan wawasan pelanggan yang lebih luas.

Bernard menambahkan, “Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan saat menerapkan customer service omni-channel adalah memahami, memberikan pengalaman pelanggan yang dapat diandalkan, berinvestasi pada teknologi yang tepat, melatih karyawan, mengukur, serta mempertahankan peningkatan. Dengan memanfaatkan keahlian kami dalam merancang, menerapkan, dan mengelola contact center, Accordia dapat mendukung perusahaan dalam mengembangkan strategi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang unggul di seluruh saluran.”

Accordia didukung oleh Malaysian Research Accelerator for Technology and Innovation (MRANTI), sebuah lembaga pemerintah di bawah Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi yang berkomitmen membantu startup berkembang untuk memenuhi potensi secara optimal melalui program Global Market Fit (GMP). (Her)