SUARATERKINI, Tanjungpandan – Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, mengingatkan agar setiap stakeholder di Belitung dapat menyatukan tekad dan komitmen dalam penanganan bencana di wilayah tersebut.

“Mari kita jadikan kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana di wilayah Kabupaten Belitung. Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Siap Untuk Selamat, Belitung Tangguh,” kata Hendra saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Kelurahan Kampong Parit, Tanjungpandan, Senin (26/4).

Menurutnya, dalam kegiatan yang diinisiasi oleh BNPB tersebut menjadikan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana”.

“Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun ini mengusung slogan “Siap Untuk Selamat” mengingat kesiapsiagaan sangat penting bagi setiap orang,” tambahnya.

Pihaknya menuturkan, saat ini Kabupaten Belitung masih menghadapi Pandemi Covid-19 yang belum juga usai, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan dari semua pihak untuk menghadapi ini bersama. Dengan mempersiapkan segala sesuatu terkait bencana secara cepat, tepat dan akurat akan membuat kita semua lebih siap dan terorganisir dalam menangani bencana.

“Oleh sebab itu, saya menilai bahwa berbagai upaya penanggulangan resiko bencana haruslah menjadi bagian integral dari proses pembangunan, dan memerlukan suatu sistem terpadu dari semua pihak”, tuturnya. (wil)

sumber: setda Belitung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here