SUARATERKINI, Tanjungpandan – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Belitung menggelar rapart kerja cabang (Rakercab) pada 21 Mei 2021, kemarin. Rakercab ini adalah untuk melakukan konsolidasi dan evaluasi atas kerja PAC-PAC (Pengurus Anak Cabang) di wilayah tersebut.

Wakil Ketua Umum DPP PDIP bidang pemerintahan Arief Wibowo (melalui zoom) mengatakan rapat kerja cabang hakikatnya adalah melakukan evaluasi dan menghimpun masukan agar bisa dibahas kemudian di rapat kerja daerah, kemudian dibawa ke rapat kerja nasional.

“Salah satu yang harus dibahas adalah kelengkapan struktural partai, apakah seluruh struktur partai sudah dipenuhi berdasarkan perintah DPP. DPC juga harus bisa membentuk 7 badan partai yang sudah ditetapkan DPP,” ujarnya ketika membuka rakercab tersebut, Jumat (21/5).

Sementara Ketua DPD PDIP Bangka Belitung Didit Srigusjaya mengatakan rakercab ini adalah bentuk konsolidasi internal partai yang membahas beberapa agenda penting. Salah satunya yaitu bagaimana memenangkan Pilpres dan Pileg hattrick (tiga kali berturut-turut) dan Pilkada.

“Strateginya yang lagi dirapatkan. Ada tiga komisi yang dibahas yaitu politik, program dan organisasi. Mereka menyampaikan ide-ide mereka yang objektif, bersih bagaimana PDIP di Belitung ini,” kata Didit.

Selanjutnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Belitung H. Taufik Mardin mengatakan rapat kerja ini sebagai bahan evaluasi. Rakercab ini sebagai konsolidasi internal untuk evaluasi sejauh mana kerja partai sudah berjalan.

“Apalagi banyak isu yang berkembang yang menjelekkan PDI Perjuangan, bagaimana itu kita atasi bersama. Itu dimulai dari dalam dulu, jika sinergi sudah berjalan di dalam, ke luar akan bisa menghadapi semua,” kata Taufik.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan oleh tiga pilar partai yaitu partai itu sendiri, legislatif, dan eksekutif, dimana PDIP memiliki tiga pilar itu di Kabupaten Belitung. Isu-isu seperti isu lingkungan. Partai tidak bisa mengatasinya secara langsung.

“Eksekutif (Wakil Bupati) dan Legislatif (fraksi di DPRD) yang memiliki peran untuk itu. DPC meminta masukan dari PAC untuk membenahi semua itu,” tambah Taufik.

Kemudian, masukan-masukan dari PAC tersebut akan dibawa ke Rapat Kerja Daerah (rakerda) PDI provinsi Bangka Belitung yang rencananya akan dilaksanakan di Hotel Grand Hatika Belitung tanggal 9 Juni mendatang.

Sementara itu, anggota DPRD Belitung dari Fraksi PDIP, Vina Cristyn Ferani mengatakan rakercab ini juga mendapat pengarahan langsung dari DPP.

“Pada Rakercab ini kita merumuskan 3 bidang yang berhubungan dengan politik, program kerja, dan organisasi. Banyak juga program yang berhubungan dengan tiga bidang itu yang akan dikoordinasikan internal dan eksternal,” kata Vina. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here