SUARATERKINI, Jakarta – Penyebarkan Covid-19 di Indonesia belum memperlihatkan penurunan, hal tersebut terlihat dari data yang telah diumumkan Gugus Tugas Covid-19 dengan jumlah positif yang terkonfirmasi sebanyak 83.130 penderita. Hal tersebut diungkapkan drg. Deviyanti Pratiwi, M.Kes

“Penyebarkan Covid-19 bisa diatasi apabila masyarakat sadar dan memahami Protokol Kesehatan” tuturnya dalam acara webinar yang diadakan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) Sabtu (18/7).

Kegiatan penyuluhan kesehatan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk webinar merupakan kali Pertama FKG Usakti lakukan untuk mendukung pemerintah dalam menangani masalah pandemi, jelas drg Devi yang juga Ketua Pelaksana Pengabdian masyarakat FKG Usakti.

Salah satu pembicara webinar drg. Andy Wirahadikusumah, Sp Pros menuturkan, Pandemi Covid-19 membuat masyarakat Indonesia lebih menjaga kebersihan, seperti rajin cuci tangan, memperbanyak olah raga serta tidak sering keluar rumah.

Meskipun kesadaran akan kebersihan meningkat, namun sosial distancing dan penggunaan masker harus dilakukan karena penyebarkan Covid-19 bisa disebabkan oleh orang tanpa gejala (OTG),” ucapnya.

Hal senada dikatakan drg. Rosalina Tjandrawinata, MSi, PhD, di satu sisi masyarakat Indonesia terlalu berlebihan terhadap Covid-19, sehingga memakai alat Pelindung diri (APD) yang dibutuhkan tenaga medis, disisi lain ada masyarakat yang tidak mematuhi Protokol kesehatan.

Dengan tema “apa yang harus dilakukan masyarakat terhadap penyebarkan covid-19″, FKG Trisakti mengajak masyarakat mulai dari tingkat RT untuk terus mengingatkan warganya, agar penyebarkan covid-19 menurun,” ujarnya.

Kegiatan Webinar yang diikuti 50 warga berlangsung menarik karena banyaknya warga yang ingin bertanya terkait penyebarkan covid-19.

Sementara itu Ketua RT 01 RW 09 kampung Maruga, Serpong, Ciater Tangerang Selatan mengucapkan Terimakasih atas informasi dan Sosialisasi yang telah dilakukan FKG Usakti

Kami ucapan Terimakasih atas ilmu yang diberikan semoga masyarakat di kampung Maruga lebih paham akan penularan Covid-19,” katanya

Dengan adanya kerjasama bersama warga masyarakat dalam Sosialisasi dan Penyuluhan melalui webinar ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman pentingnya hidup sehat selama adaptasi kebiasaan baru,” tambah drg Devi.

 

Email : amin.suaraterkini@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here