SUARATERKINI, Bogor – Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan Komunitas Pemuda Pancasila secara daring di Gedung Pemuda Kabupaten Bogor, Jawa Barat (2/8).

Ketua PkM FKG Usakti drg. Yessy Ariesanti, SpBM mengatakan,” alasan PkM melakukan kerjasama dengan Komunitas Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor adalah ingin menjadikan Komunitas Pemuda Pancasila ini sebagai kader masyarakat dalam mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut dan terkait penyebaran covid-19.

Serta diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien yang pergi ke tempat pelayanan kesehatan sehingga mengurangi kerumunan dan dapat memutus rantai penularan Covid-19,” jelasnya.

Kali ini membawa tema ” Pendidikan dan Latihan Sederhana Dalam Mencegah dan Mengatasi Infeksi Rongga Mulut Selama Pandemi Covid-19″.

Kami mengajak Komunitas Pemuda Pancasila di kabupaten Bogor untuk berperan aktif terhadap kesehatan gigi dan rongga mulut di tengah pandemi Covid-19 saat ini, adapun pelatihan yang diberikan yaitu cara mencuci dan cara menyikat gigi dengan benar,” tambah Yessy.

Sementara itu, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor Muhammad Yunus PBA dan Ketua Sapma Pemuda Pancasia Kabupaten Bogor Fuad Kasyfurrahman, S.T mengucapkan terimakasih kepada FKG Usakti yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada komunitas Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor untuk dapat mengikuti pelatihan terkait kesehatan gigi dan rongga mulut.

Ini merupakan bentuk kepedulian Pemuda Pancasila bersama FKG Universitas Trisakti dalam memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat terutama terkait kesehatan gigi dan rongga mulut di saat ini”, ungkapnya.

Kegiatan PkM FKG Universitas Trisakti tidak hanya memberikan pelatihan melalui daring namun adanya penyaluran bantuan melalui Komunitas Pemuda Pancasila kepada masyarakat Bogor, Jawa Barat, adapun tim PkM kali ini dibantu beberapa dokter dan mahasiswa koas diantaranya yaitu drg. Ferry Sandra, Ph.D, drg. Luki Astuti, Sp.Perio, drg. M. Novo Lubis P, Sp.RKG(K), drg. Caesary Cloudya Panjaitan, MM, drg. Irvan Septrian S P R, Blanca Sarizta, Rima Choirunissa Aswari dan Mariska Slametiani.

Dengan PkM ini, lanjut Yessy kami berharap, Komunitas Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor dapat mensosialisasikan terkait pencegahan, penanggulangan penyakit gigi, infeksi rongga mulut dan Covid-19, supaya masyarakat dapat terhindar dari sakit gigi dan infeksi rongga mulut sehingga masyarakat makin hidup sehat, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here