SUARATERKINI, Tanjungpandan – Kabupaten Belitung siap menggelar empat event berskala nasional pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Kegiatan nasional tersebut yakni Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo), Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) Ke VIII Tahun 2021, event sepeda Tour de Belitong 250 K, serta Expo yang diselenggarakan Bank Indonesia.

Agar kegiatan dapat berjalan lancar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung berharap angka penyebaran Covid-19 melandai. Serta PPKM turun level, sehingga agenda ini dapat dilaksanakan.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, adanya empat event nasional tersebut diharapkan dapat membangitkan kembali sektor pariwisata di Negeri Laskar Pelangi.

“Musyawarah Aspeksindo akan mengundang seluruh bupati yang diperkirakan diikuti 320 peserta. Oktober Insya Allah dengan melihat kondisi saat ini mudah-mudahan tidak PPKM Level 3 lagi, bisa turun Level 2 atau pun Level 1,” kata Bupati, Selasa (21/9).

Menurutnya, kondisi di Belitung sangat layak untuk menyelenggarakan acara-acara tersebut, karena saat ini kasus Covid-19 di Belitung mulai mereda.

Sebab pasien Covid-19 di rumah sakit hanya tersisa 14 orang. Sedangkan yang Isoman hanya 126. “Kami melihat vaksinasi semakin gencar setiap harinya, vaksinasi sudah lebih dari 53 persen, dari sasaran kami sekitar 142 ribu jiwa,” sebut Bupati.

Sementara mengenai persyaratan PCR Belitung menurutnya, Belitung sudah mempunyai beberapa lokasi. Yaitu di maskapai Sriwijaya Air, RS Utama dan Klinik Karunia.

“Sementara untuk PCR di RSUD kita dalam waktu dekat akan dikeluarkan izin operasionalnya dari Provinsi,” ungkapnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here