SUARATERKINI, Bekasi – World Cleanup Day (WCD) 2019 merupakan gerakan bersih-bersih terbesar di dunia yang dilaksanakan serentak di 157 negara.

Di Kabupaten Bekasi, diinisiasi oleh komunitas Jangkar Ecovillage didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) juga turut mendukung WCD di Kabupaten Bekasi yang berpusat di Pasar Bersih Cikarang (21/9) lalu.

Kegiatan bersih-bersih pada tahun ini bertema “Cleanup for Peaceful Indonesia” diikuti oleh 574 relawan.

Coca-Cola Amatil Indonesia mengajak puluhan murid SD binaan CCAI di Cikarang Barat, yakni SDN 05 Sukadanau yang juga didampingi oleh beberapa guru.

Sebagai SD binaan, SDN 05 Sukadanau juga didampingi oleh Amatil Indonesia untuk menjaga alam Indonesia dan di sekolah khususnya agar tetap bersih dan sehat, serta penanganan sampah di sekolah yang baik.

“Sebagai murid dan guru dari sekolah binaan Coca-Cola Amatil Indonesia, kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam WCD bersama pemerintah dan komunitas penggerak lingkungan lainnya.

Merupakan pengalaman yang baru untuk anak didik kami dalam kegiatan ini, sehingga memberikan wawasan lebih luas betapa pentingnya menjaga alam Indonesia agar bersih,”ujar Erni Sugiarni , Kepala SDN 05 Sukadanau , Cikarang Barat.

Dinelaskan Erni, murid SDN 05 Sukadanau sendiri berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 28 kg, dimana 10.5 kg sampah organik dan 17.5 sampah non-organik.

Kegiatan pilah memilah sampah ini, kata dia, merupakan hal yang sudah diajarkan dan dibudayakan kepada warga SDN 05 Sukadanau melalui program pendampingan sekolah Adiwiyata oleh Coca-Cola Amatil Indonesia.

Dimana pada 2019 ini, SDN 05 Sukadanau berhasil menjadi juara pertama Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) tingkat Kabupaten Bekasi yang berhasil menyisihkan sekitar 23 sekolah dasar lainnya di Kabupaten Bekasi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here