SUARATERKINI, Bekasi – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) divisi Onkologi (One Onco) berkolaborasi dengan Lovepink (komunitas pasien kanker payudara) mengadakan Gerakan 1000 USG Payudara Gratis untuk perempuan pra-sejahtera di RS Mitra Keluarga Jatiasih, Bekasi, Rabu, 15 Juni 2022.

Deteksi dini kanker payudara bisa menyelamatkan hidup kita. Cara untuk melakukannya, selain dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), adalah dengan SADANIS (Periksa Payudara Klinis),” ujar Presiden Direktur dan Leader One Onco, dr. Selvinna.

Ia mengatakan, bahwa sebanyak 70 persen kasus kanker payudara ditemukan pada pasien stadium tiga ke atas, sehingga sel kanker telah menyebar. Padahal, SADARI tentu bisa dilakukan dengan mudah, namun sayangnya tidak semua orang memiliki akses untuk melakukan SADANIS akibat keterbatasan finansial.

Lanjut dia, SADANIS dapat dilakukan setiap bulan pada hari ketujuh hingga ke-10, terhitung dari hari pertama haid; atau pada tanggal yang sama setiap bulan bagi perempuan yang sudah menopause.

Apabila melakukan SADARI dan SADANIS secara berkala, kanker payudara dapat ditemukan pada stadium dini dan meningkatkan angka harapan hidup pada penderitanya,” tegasnya.

Maka dari itu, diharapkan dengan Gerakan 1000 USG Payudara Gratis dapat membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu dalam memeriksakan kesehatan payudara secara klinis. Hal ini juga demi tercapainya cita-cita Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut di tahun 2030.

“Kalbe memiliki komitmen untuk meningkatkan awareness pada penyakit kanker, khususnya di ranah deteksi dini, karena dapat diminimalisir keganasan kanker. Kami menyadari bahwa hal ini tidak bisa berjalan sendiri, membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak,” tutur dr. Selvinna.

“Harapan kami, dengan semakin meningkatnya akses pemeriksaan USG payudara, semakin banyak wanita yang terdeteksi secara klinis. Sehingga, perawatan dapat dilakukan sesegera mungkin dan angka bertahan hidup yang tinggi,” tambah Direktur Corporate Branding and Communication Management Mitra Keluarga, dr. Nurvantina Pandina, M.M.

Sementara itu, sejak bulan Oktober 2021 Lovepink berinisiatif mengorganisir program Gerakan USG Payudara Gratis bagi perempuan pra-sejahtera di Indonesia. Lovepink menggandeng sejumlah rumah sakit dan mengundang pihak-pihak yang ingin berpartisipasi untuk mendanai program tersebut.

Hingga saat ini, Lovepink sudah memberikan akses pemeriksaan USG payudara kepada lebih dari 2100 perempuan pra-sejahtera. Kegiatan ini masih akan berlanjut di Jabodetabek, Jogja, Jember, Padang, Bandung, dan Banjarbaru.

“Semoga cara ini bisa membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu dapat memeriksakan kesehatan payudaranya secara klinis, demi tercapainya cita-cita Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut di tahun 2030,” kata Wakil Ketua Lovepink, Tri Oetami.

Sedangkan Ultra Pink, merupakan gerakan yang digagas oleh beberapa siswa-siswi sekolah internasional. Di antaranya, Mentari Intercultural School Jakarta, Binus School Simprug, Jakarta International School, British International School, Sekolah Cita Buana, Sekolah Al Izhar.

“Para siswa-siswi itu mengadakan konser amal virtual untuk mendukung Gerakan 1000 USG Payudara Gratis yang diselenggarakan oleh Lovepink. Peran generasi muda amat sangat penting untuk mewujudkan Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut dengan turut menyuarakan pentingnya deteksi dini kanker payudara,” papar Perwakilan UltraPink, Fertina Tarasari.

Selanjutnya, akan diadakan Instagram Live untuk meningkatkan awareness di sosial media tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara. Pembahasan tersebut berlangsung di Instagram @one.onco @lovepinkindonesia dan @mitrakeluarga dengan menghadirkan para leader untuk sharing dan menginformasikan kegiatan Gerakan 1000 USG Payudara Gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here