SUARATERKINI, Tanjungpandan – Sekretariat Presiden memberi bantuan 50 unit Oxygen Concentrator yang didistribusikan oleh Mabes TNI Angkatan Udara, kepada Pemerintah Kabupaten Belitung dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Pesawat CN 295 milik TNI AU mendarat di bandara H AS Hanandjoeddin dari bandara Halim Perdana Kusuma mengangkut 50 unit oxygen concentrator dan langsung dibawa menuju RSUD di dua kabupaten pada Senin (9/8).

Bantuan tersebut diterima Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fattah didampingi Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Isyak Meirobie, dan jajaran forkopimda.

“Seluruhnya yang didatangkan ada 50 unit. Mudah-mudahan dengan alat yang luar biasa ini bisa membantu dalam penanganan Covid-19 di Pulau Belitung,” ujar Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fattah.

Usai diturunkan dari pesawat, 50 unit oxygen concentrator akan dibagikan sebanyak 35 unit ke RSUD Marsidi Judono Belitung dan 15 unit ke RSUD Belitung Timur.

Ia mengatakan, pembagian tersebut melihat proporsional jumlah pasien yang terkonfirmasi positif di Belitung dan Belitung Timur.

Oxygen contrator tersebut akan digunakan sebagai cadangan jika terjadi stok oksigen di Belitung semakin menipis seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Teknis penggunaannya nanti RSUD masing-masing yang mengatur tapi setiap masyarakat harus mendapatkan hak yang sama,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan bantuan 50 unit oxygen concentrator merupakan koordinasi dari Sekretariat Presiden RI setelah menerima laporan Belitung kekurangan suplai oksigen karen faktor force major.

Kemudian, dikoordinasikan dengan Panglima TNI dan memerintahkan Kepala Staf Angkatan Udara mengirimkan bantuan ke Belitung.

“Ini bentuk komitmen TNI Polri untuk Belitung. Ini juga adalah bantuan dari yayasan Buddha Tzu Chi melalui Panglima TNI,” katanya.

Danlanud H AS Hanandjoeddin Letkol Nav Rudy Hartono menambahkan, pendistribusian 50 unit oxygen concentrator dari bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat jenis CN 295 menuju bandara H AS Hanandjoeddin.

Menurutnya personel Lanud menyiapkan dukungan pengangkutan darat menuju RSUD Marsidi Judono.

“Untuk pendistribusian ini merupakan arahan dari Mabes TNI, memerintahkan satu pesawat CN 295 mengangkut oxygen concentrator ini. Kami langsung menyiapkan personel dan pengangkutan menuju RSUD Marsidi Judono,” katanya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here