SUARATERKINI, Tanjungpandan – Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, menyediakan layanan swab antigen gratis bagi warganya.

Bupati Belitung, Sahani Saleh, mengatakan posko pemeriksaan rapid test antigen tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah “tracing” dan “testing” COVID-19.

“Posko juga akan dibuka di lokasi lain tidak hanya pada satu titik tersebut, bisa juga dibuka di tingkat desa/kelurahan,” ujar Bupati di Tanjungpandan, Jumat (20/8).

Menurutnya, layanan rapid test antigen tersebut bisa dinikmati gratis oleh masyarakat.

Namun demikian, hasil rapid test tersebut hanya untuk keperluan penelusuran dan pelacakan kasus COVID-19.

“Hasil rapid test ini tidak bisa digunakan sebagai dokumen atau persyaratan untuk melakukan perjalanan ke luar daerah baik menggunakan transportasi laut dan udara,” katanya.

Dengan disediakannya layanan gratis ini, pihaknya berharap kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri diharapkan meningkat.

“Diharapkan masyarakat tergerak kesadarannya dengan tersedia dan dibukanya layanan tersebut karena pemerintah daerah juga memiliki keterbatasan dalam melakukan penelusuran dan pelacakan kasus COVID-19,” harapnya.

Dengan merebaknga varian delta COVID-19 yang ditemukan di Belitung beberapa waktu lalu menjadi ancaman dan tantangan baru dalam penanganan COVID-19.

Pemerintah daerah terus melakukan pelacakan kasus kontak erat pasien COVID-19 varian delta minimal 15 orang dalam setiap kasus terkonfirmasi positif.

“Dinkes juga telah mengirimkan sampel-sampel swab nasofaring ke laboratorium GSI guna mengetahui apakah termasuk bagian dari varian delta atau bukan,” tutupnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here