SUARATERKINI, Tanjungpandan – Geopark di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadi satu-satunya wakil Asia sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark (UGG) 2021. Belitung dari Indonesia masuk dalam salah satu dari delapan negara anggota UGG baru.

“Alhamdulillah, geopark di Belitong masuk dalam UGG yang mewakili Asia sebagai anggota baru UGG tahun ini,” ujar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan usai menghadiri acara Welcome Digital Event for the New Unesco GLobal Geoparks 2021 secara virtual di Tanjungpandan, Belitung, Jumat (23/4).

Tujuh negara lain anggota baru UGG 2021 adalah Denmark, Finlandia, Jerman, Italia, Polandia, dan Yunani.

Menurutnya, dengan ditetapkannya Belitong Unesco Global Geopark, maka pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten serta komunitas geopark siap bersama-sama memberikan yang terbaik untuk negeri ini.

“UNESCO mengakui keberagaman geologis di Pulau Belitung dan kepulauan di sekitarnya yang meliputi lanskap, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi bumi di Belitung,” katanya.

Erzaldi melanjutkan, transformasi dari mining ke tourism sedang dan terus dilaksanakan di pulau Belitung. Dari masyarakat Belitung yang tadinya sangat bergantung pada pertambangan, sekarang sudah berproses untuk beralih pada pariwisata.

“Melalui penetapan Belitung sebagai Unesco Global Geopark, harus menjadikan masyarakat berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan nilai warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya untuk kesejahteran masyarakat berkelanjutan,” tambahnya.

Melalui zoom, Presiden Jaringan Geopark Dunia (Global Geopark Network), Nikolaos Zouros mengatakan pihaknya mengucapkan selamat kepada Belitung yang saat ini sudah resmi masuk dalam komunitas geopark dunia.

“Kami menyambut hangat dan akan membantu apapun yang diperlukan dalam ruang lingkup komunitas geopark Unesco dunia,” ujar Zouros.

Ketua Asia Pasific Geopark Network, Jin Xiaochi menambahkan, pihaknya mengucapkan selamat datang Belitung dalam keluarga besar geopark dunia dan jaringan geopark Asia Pasific.

“Jaringan geopark di Asia Pasific dapat membantu Belitung untuk lebih dapat meningkatkan dan melestarikan kekayaan alam geopark di Belitung,” katanya.

Di seluruh dunia, terdapat 169 UGG di 44 negara, yaitu 88 di Eropa, 66 di Asia Pasific termasuk Indonesia, 8 di Amerika Selatan, 5 di Amerika Utara, dan 2 di Afrika. Ekosistem yang mengelilingi geopark sangat penting untuk dilindungi. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here