Barudak Situ Gede “Belajar Kampanye Lingkungan” Sejak Dini

AdvertisementAds Sharp

SUARATERKINI, Jakarta – Bumi adalah asal-usul, sejarah sekaligus rumah manusia.Kita tidak tahu pasti, sudah berapa lama bumi ini ada, yang pasti, usianya lebih tua dari manusia dan segala mahluk hidup di bumi sekarang ini. Namun, kian hari bumi mengalami banyak perubahan. Banjir, tanah longsor, kerusakan alam, dan berbagai macam bencana timbul oleh tangan-tangan manusia. Bumi kita tidak utuh lagi, dan hal itu tampak jelas kita rasakan bersama akibatnya.

Berangkat dari kepedulian Menjaga Bumi ini para Kakak-kakak dari KIARA (konservasi ekosistem alam nusantara) bersama Kakak-kakak volunteer WCD (world cleanup day) kab.Bogor mengajak kolaborasi berkegiatan bersama pada hari Minggu lalu (28/5/2023) dalam program Barudak Situ Gede “belajar berkampanye lingkungan” bertempat di Latin (Lembaga Alam Tropika Indonesia) Bogor.

Adapun kegiatan ini adalah bagian dari program Female Power Green Camp yang di inisiasi oleh Yayasan KIARA

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Kak Ocha dari yayasan KIARA sebagai ketua pelaksana
“Barudak Situ Gede” dipandu oleh MC Kak Angger dan Kak Rini, dilanjutkan games menarik dan mengedukasi oleh kak Vonny Olivia, setelah itu masuk pada sesi materi ‘Kampanye Pengelolaan Sampah’ oleh Kakak Hapsari selaku Leader WCD Kabupaten Bogor.

BACA JUGA:  Sharp Raih Penghargaan Product & Service of The Year 2022

Kegiatan juga di lanjutkan dengan membuat poster kampanye yang ditujukan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dan mau semangat bergotong royong menanggulangi permasalahan sampah yang berdampak terhadap ekosistem di bumi ini.

Kegiatan berjalan seru dan adik-adik dari Barudak Situ Gede sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Adik-adik ini berusia dari 6-15 tahun, mereka sudah terbiasa dalam menjaga lingkungan sekitar, terbukti dengan beberapa dari mereka mampu mengkategorikan sampah organik, anorganik, residu dan sampah B3 (bahan berbahaya beracun) sekaligus memilah dan mengelolahnya, ujar Hapsari.

Dan ternyata adik-adik ini telah rutin melaksanakan giat kebersihan di wilayah Situ Gede bersama pendekar Sampah Giri Marhara.

setelah semua kegiatan selesai, oleh adik-adik sampah di timbang dan di total dengan berjumlah 27.60 kg lalu dikirimkan ke TPS setempat, paparnya.

Semoga semangat kita dan adik-adik Situ Gede ini untuk menjaga bumi terus menular kepada orang lain dan lapisan masyarakat,serta menjaga lingkungan sendiri ini sebagai bagian dari gaya hidup kita, pungkasnya. (Rep/Her)