SUARATERKINI, Serang – Curah hujan dengan intensitas tinggi dan luapan aliran sungai menyebabkan bencana banjir di sejumlah titik di Kota dan Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa (1/3). PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan telekomunikasi dan data tetap beroperasi secara normal.

Meskipun demikian, sebagian kecil wilayah layanan XL Axiata sempat mengalami kendala karena aliran listrik yang padam. Tim XL Axiata di lapangan langsung melakukan upaya pemulihan sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu. Tim XL Axiata terus bekerja semaksimal mungkin menjaga jaringan tetap dapat digunakan oleh masyarakat.

Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, “Bencana banjir yang melanda wilayah Kota dan Kabupaten Serang, Banten menyebabkan terputusnya aliran listrik dan akses jalan darat di beberapa area.

Hal tersebut berdampak pada operasional BTS di sebagian kecil wilayah yang terdampak banjir, namun secara keseluruhan jaringan XL Axiata di wilayah Serang masih dalam kondisi aman. Kami telah menyiapkan antisipasinya, antara lain siap genset dan rekayasa jaringan.”

Sofia menambahkan, layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal karena tim jaringan XL Axiata telah melakukan penguatan dan rekayasa jaringan di sekitar lokasi bencana untuk memastikan masyarakat tetap dapat berkomunikasi.

Menurutnya, dalam situasi dan kondisi darurat seperti saat ini, sangat urgen untuk menjaga layanan telekomunikasi dan data bisa tetap beroperasi, karena menjadi sarana utama komunikasi bagi masyarakat, korba, juga aparat yang menangani bencana.

Di wilayah Kota Serang, XL Axiata memiliki lebih dari 890 BTS, sebanyak lebih dari 400 di antaranya adalah 4G LTE. Sementara itu di Kabupaten Serang, terdapat lebih dari 1.500 BTS, dengan lebih dari 650 BTS di antaranya 4G LTE. Di seluruh Provinsi Banten, XL Axiata memiliki total lebih dari 11.100 BTS, dengan lebih dari 5.100 BTS di antaranya 4G LTE.

Karyawan XL Axiata salurkan bantuan

Karyawan XL Axiata, melalui Majlis Ta’lim XL Axiata (MTXL Axiata), menyalurkan bantuan darurat untuk warga korban banjir di Serang, Banten. Penyerahan bantuan kepada para warga korban di sejumlah titik lokasi banjir di Desa Sukajaya, Kecamatan Kasemen, Kota Serang dilakukan secara langsung oleh perwakilan XL Axiata Serang pada Selasa dan Rabu, 1 dan 2 Maret 2022.

Selain disalurkan secara langsung, sebagian bantuan dialokasikan untuk didistribusikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, bantuan telah diserahkan oleh Territory Sales XL Axiata area Serang, Intan Nursita kepada perwakilan BPBD Kota Serang, Satibi, SE pada Rabu (2/3).

Bantuan tersebut akan disalurkan oleh pihak BPBD Kota Serang untuk warga korban banjir yang akses lokasinya sulit dijangkau dan hanya dapat dilakukan dengan menggunakan perahu karet.

Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya mengungkapkan, “Bantuan ini merupakan salah satu bagian dari Program Aksi Cepat Tanggap Bencana MTXL Axiata yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan.

Bantuan ini sekaligus merupakan wujud dari kepedulian karyawan XL Axiata untuk meringankan beban masyarakat Serang yang sedang menghadapi bencana. Bagaimana pun juga, XL Axiata telah lama menjadi bagian dari masyarakat Serang, sudah semestinya kami ikut membantu warga. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat.”

Bantuan darurat dari karyawan XL Axiata tersebut berupa makanan dan minuman siap saji dan barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Pengadaan untuk bantuan ini dihimpun dari donasi karyawan yang dikelola oleh MTXL Axiata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here