SUARATERKINI, Tanjungpandan – Bandara H. AS. Hananjoeddin mulai 21 Juli 2021 membuka sentra vaksinasi COVID-19 di Gedung Serbaguna Bandara, yg terletak di belakang Kantor BMKG Bandara H. AS. Hananjoeddin. Layanan tersebut terbuka baik bagi calon penumpang pesawat maupun masyarakat umum.

“Tidak hanya bagi calon penumpang, masyarakat umum juga dapat melakukan Vaksinasi di Sentra Vaksinasi Bandara Hananjoeddin dengan gratis  hanya dengan membawa dan menunjukkan KTP Asli yang dimiliki, ujar Executive General Manager (EGM) Bandara H. AS. Hananjoeddin Untung Basuki, Kamis (22/7).

Pihaknya menuturkan, Sentra Vaksinasi Bandara H. AS. Hananjoeddin dibuka dengan kolaborasi dan dukungan penuh dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi Bangka Belitung dan Lanud AS Hananjoeddin.

“Kami berterima kasih atas full support dari KKP Babel dan Lanud Hananjoeddin sehingga Sentra Vaksinasi di Bandara H. AS. Hananjoeddin dapat dibuka untuk tidak hanya bagi penumpang tapi bisa untuk masyarakat umum,” tambahnya.

Pihaknya mengharapkan, dengan adanya sentra vaksinasi ini maka masyarakat umum ataupun penumpang pesawat udara yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara, tidak lagi mempunyai ketakutan tersendiri pada saat ingin melakukan perjalanan.

“Namun pastinya tetap harus melakukan protokol kesehatan walaupun sudah melakukan vaksin, dan mengikuti syarat serta ketentuan yang berlaku untuk perjalanan pesawat udara pada saat sedang PPKM masih berlangsung saat ini,” saran dia.

Sentra Vaksinasi Bandara. H.AS.Hanandjoedin beroperasi pada pukul 08:00-11:00 WIB dengan kuota vaksinasi sebanyak 50 dosis/hari. Prosedur umum dalam melakukan proses vaksinasi ini adalah tetap harus mengikuti protokol kesehatan dalam proses vaksinai,seperti memakai masker, tetap menjaga jarak antrian, dan mencuci tangan. Kemudian bagi penumpang, harus memiliki tiket pesawat dan datang melakukan vaksin minimal 3 jam sebelum keberangkatan. Mengisi formulir vaksin, membawa data diri asli berupa KTP, serta menunggu untuk di vaksin.

Untung menambahkan, antusias masyarakat dalam pelaksanaan vaksin gratis ini sangat baik. Pada hari pertama pembukaan vaksin gratis pada 21 juli 2021, kuota vaksin sebanyak 50 dosis/orang sudah langsung terpenuhi.

“Kegiatan vaksin gratis ini merupakan usaha untuk mewujudkan kenyamanan dalam melakukan perjalanan udara dan upaya untuk membangkitkan kembali dunia penerbangan di masa pandemi covid-19, serta mendukung terwujudnya herd immunity di tengah masa pandemi,” tutupnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here