Suaraterkini.com, Jakarta,- Dalam adaptasi Kebiasaan Baru di masa pandemi, perlu kesadaran terutama dari keluarga untuk memberikan teladan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna memutus penyebaran covid-19.

Hal tersebut dikatakan dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) Vidya Nursolihati, M.Dent dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa peyuluhan dan pelatihan secara virtual bekerjasama dengan Yayasan Rumah Ibu Indonesia secara virtual (16/1).

Ketua PkM drg. Vidya Nursolihati, M.Dent mengatakan dalam situasi pandemi seperti sekarang, penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, harus lebih ditingkatkan dan dijadikan kebiasaan. Sosok ibu, sebagai pendidik dan garda terdepan dalam mengawal dan menjaga kesehatan keluarga, memiliki peran penting sebagai penggerak PHBS di keluarga untuk mencegah penularan penyakit.

Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan FKG USAKTI Prof. Dr. drg. Lies Zubardiah, Sp. Perio dan Ketua Yayasan Rumah Ibu Indonesia Eko Yuliarti Siroj, S.Sos.I, M.Si, yang menekankan peran ibu yang penting pada masa pandemi ini.

Dengan Tema “Perilaku Hidup bersih dan Sehat di Lingkungan Keluarga Pada Masa Pandemi di Yayasan Rumah Ibu Indonesia” lanjut drg Vidya, FKG Usakti mengajak seluruh peserta PkM yang berasal dari Depok, Bogor, Jakarta, Gresik, sampai Padang Sidimpuan, memberikan contoh PHBS mulai dari keluarga.

Pada PkM ini selain diberikan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang diberikan oleh drg. Vidya Nursolihati, M.Dent, juga diberikan materi kesehatan gigi dan mulut oleh drg. Annisaa Putri Ariyani, MM., MKG serta materi menjaga kesehatan anak dimasa pandemi oleh penyuluh tamu yaitu dr. Iqbal Zein, Sp.A.

Pada PKM FKG USAKTI ini seluruh civitas akademika FKG USAKTI turut terlibat yaitu Dosen Prof. Dr. drg. Lies Zubardiah, Sp.Perio, drg. Annisaa Putri Ariyani, MM. MKG, Drs. Alfred Pakpahan, M.Si; Mahasiswa Salshabila Rahmania, SKG, Talitha Ayulia Salsabila, SKG, Ratih Nurbaiti, SKG, Shafira Pertiwi; Staf Tendik Rina Nur Zulaika, SE; serta Alumni drg. Cinthya Dhea Amanda.

Ibu-ibu anggota Yayasan Rumah Ibu Indonesia yang mengikuti PkM sangat antusias memberikan pertanyaan seputar materi penyuluhan yang disampaikan, terkait PHBS, kesehatan gigi dan mulut keluarga, serta kesehatan anak di masa pandemi.

Dengan adanya kegiatan ini, Vidya berharap peserta dapat menerapkan PHBS dan memberikan contoh kepada keluarganya agar terbiasa dan disiplin menjalankan PHBS dan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak/menghindari kerumunan), tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here