SUARATERKINI, Tanjungpandan – Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerapkan layanan vaksinasi COVID-19 secara “jemput bola” guna mempercepat realisasi vaksinasi bagi kelompok lansia di daerah itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono mengatakan pihaknya melakukan jemput bola agar dapat
mempercepat realisasi vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lansia dan masyarakat umum rentan di Kabupaten Belitung.

“Petugas dari fasilitas pelayanan kesehatan turun langsung dengan mendatangi rumah warga khusus para lansia untuk memberikan layanan vaksinasi COVID-19,” kata Joko di Tanjung Pandan, Selasa (5/10).

Menurut dia, layanan ini juga untuk memudahkan para lansia dalam menerima vaksinasi karena di antara mereka ada yang tidak bisa mengikuti vaksinasi disebabkan beberapa faktor.

“Terutama faktor usia dan sebagian mereka kesulitan untuk mendatangi PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) karena tidak ada yang mengantar dan banyak faktor lain,” katanya.

Joko menyebutkan saat ini realisasi vaksinasi COVID-19 kelompok lansia di daerah itu mencapai 5.402 orang dari 19.598 sasaran atau sebesar 40,04 persen.

“Sedangkan lansia yang sudah menerima vaksin dosis lengkap sebanyak 3.111 orang atau sebesar 23,06 persen,” ujarnya.

Dia mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 secara keseluruhan di daerah itu hingga, Minggu (3/10) sebanyak 87.847 orang dari 142.065 sasaran atau sebesar 60,58 persen.

“Kami mengimbau masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi COVID-19 agar segera mengikuti vaksinasi baik di fasilitas pelayanan kesehatan dan gerai vaksinasi yang tersedia,” katanya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here