SUARATERKINI, Tanjungpandan – Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021 kemarin merupakan momentum untuk menjalankan semangat berbagi antar sesama. Komunitas Aksi Cepat Tanggap (ACT) Belitung bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Belitung bersama-sama turun langsung mendistribusikan hewan qurban berupa 2 (dua) ekor sapi kepada masyarakat di sekitar wilayah Belitung.

Tidak hanya mendistribusikan, ACT Belitung dan MRI Belitung turut serta bersama masyarakat disekitar wilayah pendistribusian dimulai dari proses pengantaran, pemotongan hingga pendistribusian ke masyarakat sekitar hingga tepat sasaran.

Implementor Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Belitung, Benny Arizona mengatakan Dusun. Gunung Kurak, Desa Mentigi dan Pesantren Al-Muqqorobin Desa Perpat Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung merupakan daerah yang dipilih oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Belitung sebagai wilayah sasaran penerima manfaat program distribusi hewan qurban untuk saudara sebangsa.

“Penentuan Titik Lokasi Penyebaran Program ini didasarkan pada pertimbangan dan assessment lapangan, dimana ACT menfokuskan penyebaran distribusi hewan qurban ini di daerah pelosok pulau Belitung yang jarang tersentuh atau merasakan kurban,“ ujar Benny kepada Suaraterkini, Jumat (23/7).

Pihaknya berharap pemberian hewan kurban yang merupakan kurban perdana ACT Belitung sejak berdiri sendiri menjadi cabang Kabupaten Belitung ini, dapat membangkitkan semangat yang kuat kepada masyarakat, terlebih ditengah pandemi Covid 19.

“Bantuan ini juga merupakan wujud nyata dari komitmen Aksi Cepat Tanggap (ACT) Belitung, sebagai lembaga kemanusiaan professional yang menjangkau penerima manfaat hingga ke pelosok,” lanjutnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Dusun Gunung Kurak, Desa Mentigi, Kec. Membalong, Suhandi, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Aksi Cepat Tanggap dan Sahabat Dermawan sekalian yang telah mendistribusikan hewan kurban berupa satu ekor sapi.

“Kami sangat bersyukur dapat merasakan semangat kurban kembali yang terakhir kami rasakan pada tahun 2017, Kami berharap semoga di tahun selanjutnya semakin banyak sahabat dermawan yang tergerak hatinya untuk membantu sesame,” ujar Suhandi.

Kurban sapi tersebut juga merupakan kurban pertama yang dilaksanakan di Pesantren Al-Muqqorobin dimana biasanya pesantren tersebut berkurban kambing. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here