SUARATERKINI, Jakarta – Pernyataan Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang menyatakan dirinya akan memilih salah satu Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, jika dirinya diberikan kesempatan untuk memilih. Sikap tegas ini mendapat respon positif dari Syafrudin Budiman SIP Tokoh Intelektual dan Politisi Muda.

Gus Din sapaan akrabnya, Senin (14/11/2022) di Jakarta menilai pernyataan Zulhas saat sambutan di peluncuran buku bertajuk ‘Bukan Kisah Sukses Erick Thohir’ di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022) adalah murni suara hati pribadi dan Ketua Umum DPP PAN.

“Tidak ada Ketua Umum Partai Politik yang berani lantang mendukung kandidat Capres-cawapres di muka umum. Apalagi bicara dalam acara sebagai Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju Jokowi – KH Ma’ruf Amin,” kata Syafrudin Budiman SIP di Jakarta, Senin (14/11/2022).

Ketua Dewan Pembina Relawan Erick Thohir (ETOR) ini menambahkan bahwa, pernyataan Zulkifli Hasan bagian dari strategi pengenalan Erick Thohir for Presiden 2024. Walaupun saat Rakernas PAN di Jakarta 27 Oktober 2022 sudah mengantongi 9 nama kandidat, namun nama Erick Thohir terus dipopulerkan.

“Zulkifli Hasan sudah menganggap Erick Thohir adalah Keluarga Besar PAN dan begitupun sebaliknya. Jadi sudah satu hati dan ada chemistry antara Ketua Umum PAN dan Erick Thohir. Sikap sinyal ini artinya lebih baik orang dekat daripada orang lain,” tandas Ketua Umum DPP Perhimpunan UKM Indonesia ini.

Terakhir kata Gus Din, Zulhas Ketua Umum PAN yakin jika Erick Thohir sebagai Capres-Cawapres dari PAN bisa mendongkrak perolehan suara. Terutama katanya, suara pemilih generasi Z dan Milenial yang banyak menyukai sosok Erick Thohir.

“PAN mempopulerkan Erick Thohir Capres-Cawapres PAN dalam rangka menggaet suara generasi Z dan muda milenial. Lain basis pelaku UMKM, kalangan perempuan dan disabilitas yang banyak mendukung Erick Thohir maju di Pilpres 2024,” pungkas Gus Din yang akan maju sebagai Caleg PAN Dapil Jakarta III Jakarta Timur.

Zulhas Ketua Umum PAN: Erick Thohir adalah Keluarga Besar PAN

Sebelumnya, saat sambutan di peluncuran buku bertajuk ‘Bukan Kisah Sukses Erick Thohir’ di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022), Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan, dirinya sudah sejak lama mengenal sosok Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Saya kenal lama Pak Erick, khususnya keluarganya, kami seperti keluarga. Dan juga berasal dari daerah yang sama,” kata Zulhas di acara tersebut yang juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir.

Zulhas sapaan akrab Ketua Umum PAN ini lantas menuturkan pujian ke Erick.

Di mata Zulhas, mantan Presiden Inter Milan itu merupakan sosok nasionalis, punya empati yang tinggi serta pribadi yang gemar melakukan aksi nyata.

“Memang Pak Erick ini hatinya merah putih, empati dan memang man of action. dia kerja. dan hasilnya nyata,” ujarnya.

Lebih jauh dia lantas menceritakan perihal dia dan Erick yang belakangan terlihat intens. Kedekatan itu, sambung Zulhas, lantaran dirinya menjadi menteri pengganti antar waktu (PAW).

Dia pun menyebutkan posisi yang sama dialami oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Apalagi belakangan ini saya intens kan, sering bareng, semenjak sebelum Pak Azwar di PAW kan, saya duluan di PAW,” katanya.

“Jadi agak intens, kemana mana bareng gitu,” lanjut Zulhas.

Selain itu, Zulhas menilai Erick Thohir merupakan sosok pekerja keras yang dibutuhkan Indonesia. Ia beranggapan banyak hasil kerja Menteri BUMN itu uang dirasakan masyarakat.

Atas dasar tersebut, Zulhas lantas menuturkan bahwa dirinya akan memilih Erick Thohir jika diberikan kesempatan untuk memilih. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here